2.541 KPM di Jeneponto Lolos Validasi Tahap I Penerima Bansos

Meski lolos validasi tahap I, 2.541 KPM tersebut belum tentu mendapatkan bansos dari Kemensos.

2.541 KPM di Jeneponto Lolos Validasi Tahap I Penerima Bansos
Koordinator KPM Jeneponto, Sandra Dewi. (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Kementerian Sosial (Kemensos) wilayah Kabupaten Jeneponto telah merampungkan validasi tahap I tahun 2021 tentang Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setidaknya 2.541 orang dinyatakan lolos untuk menerima bantuan sosial (bansos) dari Kemensos. 

Koordinator KPM Jeneponto, Sandra Dewi mengaku jika memenuhi syarat di Kemensos, rencanannya pada April 2021 para KPM akan mendapatkan bansos.
 
"Jika 2.541 ini sesuai syarat dan memiliki komponen, maka akan menerima bansosnya. Tahapan selanjutnya adalah pihak bagian terminasi dan kepesertaan Kemensos setujui," ujarnya melalui keterangan tertulisnya kepada KABAR.NEWS, Jumat (19/2/2021).

Menurutnya, Pendamping Keluarga Harapan (PKH) dinilai sangat berbeda dengan bantuan sosial lainnya. Pasalnya, PKH harus memiliki komponen.

"Ada tiga komponen wajib dimiliki CKPM (calon keluarga penerima manfaat) yaitu komponen pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial," kata dia.

Jika lolos dalam serangkaian proses dan memenuhi komponen tersebut, pihaknya mengaku akan segera menindak lanjutinya.

"Kami hanya bisa menyerahkan sepenuhnya keputusan ke Kemensos, jika ada kabar barulah kami tindak lanjuti," tuturnya.

Ia menambahkan kendalanya jika Kemensos telah mencapai penggenapan 10 juta KPM PKH se-Indonesia dan status hasil validasi masih menunggu atau komponennya sudah tidak ada lagi, meski sudah mendapatkan undangan dari kemensos. 

"Lolos atau tidaknya, saya serahkan ke Kemensos dan biasanya tidak lolos karena memang tidak memenuhi syarat," ucapnya.

Penulis: Akbar Razak/C