Skip to main content

21 Napi Koruptor di Lapas Klas IA Makassar Dapat Remisi

lapas
Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kelas I Makassar, Sony Sofyan. (KABAR.NEWS/Lodi Aprianto)

KABAR.NEWS, Makassar - Sebanyak 21 tahanan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang mendekam di balik jeruji besi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas I Makassar, diterpa bahagia. Sebab di hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 ini, mereka mendapatkan potongan masa tahanan atau remisi.

Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kelas I Makassar, Sony Sofyan mengatakan, pemberian potongan masa tahanan atau remisi ini, diberikan setelah para tahanan memenuhi sejumlah persyaratan yang ada.

"Yang kita usulkan sudah memenuhi syarat. Seperti sudah bayar subsider atau denda dan yang sudah menjalani lebih dari sepertiga masa hukuman," kata Sony saat ditemui di Lapas Klas IA Makassar, Jumat (17/8/2018)

Dia menyebutkan, sebenarnya terdapat 22 lebih tahanan kasus korupsi yang mengajukan pemotongan masa tahanan atau remisi. Tetapi dari semua pengajuan, tidak semua dipenuhi oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Ya karena mereka belum memenuhi syarat. Apalagi saat ini kita sudah pakai sistem online. Jadi kalau belum memenuhi syarat, secara otomatis sistem akan menolak," jelasnya.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Imam Suyudi menjelaskan, seluruh tahanan yang mendapatkan remisi, termasuk tahanan kasus korupsi, harus memiliki catatan kelakuan baik selama ia ditahan.

"Minimal enam bulan dia punya catatan kelakuan baik, termasuk tahanan Tipikor. Tapi tahanan Tipikor ada PP 99 yang mengatur, jadi penyidiknya harus menyiapkan justice collaborator agar ia mendapatkan remisi," kata Imam

  • Lodi Aprianto