178.082 Surat Suara Pilkada Tator Mulai Disortir

Oleh KPU Tator

178.082 Surat Suara Pilkada Tator Mulai Disortir
Proses Pelipatan dan penyortiran surat suara di gudang logistik KPU Tator, Makale.  Senin (23/11/2020). (KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Makale - Surat suara calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tana Toraja (Tator), Sulsel, mulai disortir dan dilipat di gudang logistik KPU Tator, Hotel Puri Artha, Makale, Senin (23/11/2020).


Koordinator gudang logistik KPU Tator Simon mengatakan, pelipatan dan penyortiran surat suara melibatkan 88 orang warga yang dibagi menjadi dua bagian atau sesuai target pelipatan selama dua hari.


"Hari ini ada 42 orang yang melipat surat suara dan besok beda lagi yang masuk karena target pelipatan yang harus dilakukan selama dua hari," ungkap Simon.


Simon menjelaskan bahwa ada 91 kardus surat suara yang akan dilipat dan setiap orang, ditugaskan melipat satu kardus yang berisi 2 ribu lembar surat suara.


"Total surat suara nanti itu berjumlah sebanyak 178.082 lembar surat suara atau 91 kardus,"  pungkasnya.


Anggota KPU Tator, Rahmat menambahkan bahwa sebanyak 42.715 lembar surat suara yang telah  dilipat dan beberapa surat suara juga dinyatakan rusak.


"Kerusakan surat suara yang didapati hari ini berupa foto paslon buram, mengkerut, tulisan tembus pandang dan warnanya luntur," tambah Rahmat.


Lanjut Rahmat, kertas surat suara yang rusak tersebut akan dilaporkan ke pihak penyedia untuk selanjutnya diganti. Dimana sebelum melaporkan pihak KPU lebih dulu konsultasi ke Bawaslu Tator.


Diketahui, Pilkada Tana Toraja 2020 diikuti tiga pasangan calon yakni, paslon nomor urut 1 Theo-Zadrak, nomor urut 2 Nico-Victor dan nomor urut 3 Albert-John.


Penulis: Febriani/B