16 Warga Bantaeng Tak Pakai Masker Diswab di Tempat

Operasi yustisi

16 Warga Bantaeng Tak Pakai Masker Diswab di Tempat
Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, Sulsel, mendata warga yang kedapatan tak memakai masker saat operasi yang berlangsung pada Senin (15/12/2020). (KABAR.NEWS/Akbar Razak)












KABAR.NEWS, Bantaeng - Belasan pengguna jalan di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, terjaring operasi yustisi protokol kesehatan karena tak memakai masker, Selasa (15/12/2020).


Pantauan KABAR.NEWS di lokasi, terlihat belasan petugas gabungan berdiri di tepi Jalan Kartini tepatnya depan BRI Bantaeng. Di situ, petugas mengincar orang yang tak memakai masker dan meminta mereka untuk menjalani tes usap Covid-19 di tempat. 


Dandim 1410 Bantaeng Letkol Inf CZI Tambohule Wula mengatakan, ada 16 orang yang terjaring operasi yustisi yang digelar Satuan Gugus Tugas Covid-19 Bantaeng.


"Kita mencari orang yang tak menggunakan sambil menguji swab," ujarnya kepada KABAR.NEWS.


Dia mengatakan, pelanggaran yang ditemukan kebanyakan adalah mereka yang tidak memakai masker saat berkendara. 


Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantaeng, Dokter Ikhsan, mengatakan, petugas kemudian mendata para pelanggar serta memberikan sosialisasi tentang pentingnya 3M untuk mencegah penyebaran Covid-19. 


"Upaya tim gugus bantaeng dalam membutus mata rantai penularan Covid-19. Ini kita lalukan secara continue setiap hari kita lakukan tanpa melihat apakah itu hari libur atau tidak," bebernya. 


Untuk hasil tes swab mereka yang terjaring operasi yustisi, kata dia, akan diumumkan selama beberapa hari kemudian. 


Penulis: Akbar Razak/A