15.886 Peserta Ikuti UTBK-SBMPTN di UNM 

Pelaksanaan SBMPTN gelombang dua di UNM.

15.886 Peserta Ikuti UTBK-SBMPTN di UNM 
Rektor UNM, Prof Husain Syam. (Foto: KABAR.NEWS/Darsil Yahya)






KABAR.NEWS, Makassar - Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 dimulai pada hari ini, Senin (12/4/2021). UNM melaksanakan UTBK-SBMPTN sebanyak dua gelombang.

Rektor UNM, Prof Husain Syam mengatakan untuk peserta UTBK SBMPTN tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 2.500 peserta.

"Tahun ini jumlah orang yang mendaftar dan melaksanakan ujian di UNM bertambah sebanyak 2500. Total pendaftar di UNM tahun ini sebanyak 15,886,” ujar Husain Syam kepada awak media. 

Husain menjelaskan bahwa UTBK SBMPTN dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk pelaksanaan di UNM, kata Prof Husain berjalan dengan lancar, serta dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Pelaksanaannya ini sudah kita sesuaikan dengan protokol kesehatan yang luar biasa, semua prosedur itu kita lakukan dan kita pastikan bahwa semua berjalan dengan baik dan kita bagian dari program pemerintah untuk memutus mata rantai covid-19," ujarnya. 

"Tentu pelaksanaan ini kami pantau secara langsung dan kami melihat dan memastikan bahwa semua ruang yang digunakan itu dalam keadaan steril, nyaman sehingga kenyamanan semua calon (mahsiswa) untuk berkompetisi masuk dalam pilihan perwakilan di diinginkan itu kita jamin tersedia dengan baik," lanjutnya 

Selain itu, Ia mengungkapkan bahwa  pihaknya juga menyediakan tempat khusus bagi peserta UTBK SBMPTN penyandang disabilitas.

"Jumlahnya ada 8 orang yang tuna netra masing-masing punya pengawas satu orang dan ada tuna daksa tapi tidak memerlukan bantuan khusus sehingga pengawas yang umum saja yang mendampingi," tuturnya.

Diapun menambakan untuk UTBK-SBMPTN tahun ini, untuk program studi yang masih menjadi favorit seperti tahun sebelumnya.

“Prodi akuntansi, PTIK, manajemen, PGSD, masih menjadi program studi favorit pendaftar,” tandasnya.

Penulis: Darsil Yahya/B