1.484 ASN Pemprov Sulsel Jalani Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi bagi ASN Pemprov Sulsel adalah wajib.

1.484 ASN Pemprov Sulsel Jalani Vaksinasi Covid-19
ASN Pemprov Sulsel menjalani vaksinasi Covid-19. (Foto: Humas Pemprov Sulsel)

KABAR.NEWS, Makassar - Program vaksinasi Covid-19 di Sulawesi Selatan mulai menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi. Setidaknya ada 1.484 ASN lingkup Pemprov Sulsel divaksin yang diagendakan mulai 2 hingga 10 Maret 2021. 

Asisten III Pemprov Sulsel, Tautoto Tanaranggina mengatakan setidaknya ada 1.484 ASN yang telah mendaftar untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19. Toto sapaan akranya mengatakan kegiatan vaksinasi adalah hal positif sebagai bagian dari upaya pemutusan mata rantai dan melindungi diri dari Covid-19.

“Saya kira vaksin itu adalah hal yang positif, dan terima kasih pada pemerintah karena telah melindungi melalui vaksin ini, melindungi dari pandemi Covid-19,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya kepada KABAR.NEWS, Rabu (3/3/2021). 

Mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Sulsel ini mengatakan ASN wajib divaksin, karena merupakan garda terdepan pelayanan dan langsung bersentuhan dengan masyarakat. Dengan adanya vaksinasi tersebut, bisa memberi proteksi bagi ASN Pemprov Sulsel dari Covid-19.  

"ASN tak perlu khawatir soal vaksin, karena tidak berbahaya. Malah ini sangat bagus untuk proteksi diri dari Covid-19. Disuntik vaksin juga rasanya kayak digigit semut," kata dia. 

Sementara itu, Koordinator Tata Usaha Klinik Balai Pelayanan Kesehatan Pemprov Sulsel, dr. Muhammad Taqwim menjelaskan jika para penerima vaksin terlebih dahulu sudah melalui beberapa tahapan, misalnya pengecekan kependudukan dan administrasi serta screening.

"Usai divaksin, mereka dilakukan observasi selama 30 menit, untuk mengantisipasi jika terjadi kejadian luar biasa. Sedangkan bagi penderita hipertensi diperbolehkan asal memenuhi syarat dari Kemenkes," ucapnya.

Penulis: Darsil Yahya/C