12 Jam Damkar Makassar Berjibaku Padamkan Api di Panakkukang Square

Petugas Damkar Makassar kesulitan melakukan pemadaman karena gedung dalam kondisi tertutup.

12 Jam Damkar Makassar Berjibaku Padamkan Api di Panakkukang Square
Petugas dan armada Damkar Makassar melakukan pemadaman di Panakkukang Square Makassar, Sabtu (6/2/2021). (Foto: KABAR.NEWS/Reza Revaldy)






KABAR.NEWS, Makassar - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar membutuhkan waktu hingga 12 jam untuk menjinakkan si jago merah melalap Gedung Informa Ace Hardware Panakkukang Square Makassar, Senin (6/2/2021). Saat ini Damkar Makassar sudah melakukan pendinginan. 

Kepala Bidang Operasi Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin mengatakan total puluhan armada dan personel Damkar dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah. Sebagaimana diketahui, Damkar Makassar menerima laporan pertama kali pada pukul 00.15 Wita. Titik api bermula dari salah satu toko yang berada di lantai dua gedung dan dengan cepat merambat ke lantai satu dan tiga.

"Sudah pendinginan. Ada 30-an armada yang bolak-balik, kalau personel ada sekitar 80 orang," kata Hasanuddin kepada KABAR.NEWS ditemui di lokasi, Sabtu (6/2/2021).

Kata Hasanuddin, sejumlah kendala juga didapati selama proses pemadaman berlangsung, seperti sulitnya menembus titik api akibat akses gedung.

"Kendalanya itu ventilasi, iniji ventilasi lantai satu bisa dibuka dilantai dua dan tiga itu beton semua, jadi asap susah keluar," ungkapnya.

Hingga kini dari pantauan pukul 12.47 Wita, armada Damkar masih berada di lokasi, serta pihak Polsek Panakkukang dan Tim Inafis Polrestabes Makassar sudah memasang garis polisi demi memudahkan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut.

Tampak sejumlah karyawan bekerja di Informa Ace Hardware Panakkukang Square hanya bisa pasrah duduk di trotoar menyaksikan proses pemadaman berlangsung. Informasinya juga aktivitas di Panakkukang Square ini sementara ditutup.

Penulis : Reza Rivaldy/A