Skip to main content

Yuk Coba! Cara Olah Daging Agar Empuk 

Daging
Daging.(INT)


KABAR.NEWS - Momen Iduladha membuat banyak masyarakat mengonsumsi daging baik itu daging sapi, kambing, dan kerbau. Hanya saja, banyak masyarakat yang belum mengetahui cara yang benar agar daging yang didapatkan bisa empuk dan tidak alot saat akan dikonsumsi. 


Salah satu chef muda Indonesia, Yuda Bastara memberikan tips agar daging yang akan diolah bisa empuk dan tidak alok saat dikonsumsi. Yuda menjelaskan agar daging bisa empuk dan tidak alot saat dikonsumsi harus merebusnya selama beberapa kali bersama rempah-rempah, atau bahkan melumurinya dengan parutan nanas. Tak hanya itu, daging kambing yang dibalut dengan remasan daun singkong juga dipercaya dapat membuat teksturnya melunak.


Baca Juga: 

 

Yuda menyebut daun singkong dan nanas mengandung papain serta bromelin enzym yang bisa membantu melembutkan protein. Ia mengatakan daging bisa rendam diparutan nanas atau daun singkong selama 30 menit.


“Papain dan bromelin enzym dari daun singkong dan nanas bisa melembutkan protein, sehingga sering digunakan untuk melunakkan daging kambing,” ujarnya dikutip dari Kumparan. 


Selain dilumuri dengan nanas dan daun singkong, usahakan untuk tidak mencucinya. Alasannya, jika daging dicuci maka akan membuat teksturnya daging semakin alot dan keras. 


"Banyak yang mengira bahwa daging kambing harus dicuci karena baunya prengus. Padahal, bau tersebut disebabkan oleh bakteri. Yang penting, jaga higienitas saat memotong daging kambing, dan jangan diletakkan di atas tanah," terangnya.


Tak hanya itu, memanfaatkan panci presto juga dapat melunakkan tekstur dari daging kambing. Cukup presto daging kambing selama kurang lebih 40 menit, baru kemudian diolah menjadi masakan.


Dan, usahakan untuk memotong daging kambing secara berlawanan arah dengan uratnya agar teksturnya tidak keras dan alot saat dimasak.
 

 

loading...