Skip to main content

Yuk Coba, Begini Cara Lengkap Bikin Stiker Sendiri di WhatsApp

Cara Lengkap Membuat Stiker dari Gambar Sendiri di WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp. (IST)

KABAR.NEWS - Belum lama ini aplikasi chat WhatsApp meluncurkan fitur stiker dalam dua jenis, yaitu emoji dan gif. Fitur baru ini memungkinkan pengguna mengekspresikan sesuatu di kolom chat pribadinya mau pun di grup.


Baca juga:

Fitur stiker di WhatsApp kini kian populer. Sebab menariknya, setiap orang bisa membuat stickernya sendiri (personal stiker). Entah itu foto pribadi atau pun simbol-simbol tertentu.

"Kami telah meluncurkan API dan antarmuka yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi stiker yang dapat menambahkan stiker ke WhatsApp pada Android atau iOS," jelas WhatsApp di laman resminya.

Lantas bagaimana cara membuat stiker pribadi di WhatsApp berbasis Android dari Google Play Store dan atau iOS di App Store? 

Untuk membuat karya stiker Anda sendiri, terlebih dulu stiker Anda harus memenuhi persyaratan berikut sebagaimana dilansir dari laman WhatsApp:

- Setiap stiker merupakan gambar yang memiliki latar belakang yang transparan.

- Stiker harus berukuran tepat 512x512 piksel.

- Setiap stiker harus berukuran kurang dari 100 KB.

Setelah memilih gambar dan mengatur ukuran piksel dan besarnya file berikut cara selanjutnya membuat stiker sendiri:


1. Download dan instal aplikasi Background Erase dan Personal Stickers for WhatsApp yang tersedia gratis
(Lihat aplikasi yang kompatibel untuk iOS di sini)

2. Buka aplikasi Background Erase dan load foto selfie atau foto objek apapun yang ingin digunakan sebagai stiker di WhatsApp

3. Buat latar belakang foto tersebut menjadi transparan (PNG) dengan menggunakan tool yang tersedia, bisa secara manual atau magic.

4. Jika sudah yakin dengan foto terpilih, maka tap Save.

5. Berikutnya, buka aplikasi Personal Stickers for WhatsApp.

6. Maka secara otomatis, aplikasi ini akan mendeteksi foto yang transparan atau jenis PNG hasil editan dari aplikasi Background Erase (perhatikan poin nomor tiga).

7. Namun, pastikan minimal ada tiga foto yang tersedia lantaran bila satu atau dua maka tidak bisa digunakan sebagai stiker. Dengan demikian, saat mengolah foto dengan aplikasi Background Erase buat minimal tiga foto

8. Berikutnya, tap tombol Add yang tersedia, maka stiker tersebut otomatis terunduh ke WhatsApp dan akan terletak di kolom MY STICKERS. Selamat mencoba!


 



loading...