Skip to main content

Waspada, Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Resiko Kematian Dini

duduuuk
Ilustrasi (INT)

 

KABAR.NEWS – Pekerjaan kantoran menjadi hal lazim bagi sebagian masyarakat di kota besar. Menghabiskan sebagian waktu berada di kantor dan duduk dengan waktu lama di depan meja.

Namun, sebuah studi terbaru menyatakan bahwa jenis pekerjaan ini bisa meningkatkan resiko kematian dini. Pekerja dengan pekerjaan di depan meja, dan hanya duduk punya resiko dua kali lebih besar mengalami kematian dini, apalagi jika tidak diikuti dengan olahraga teratur.

Dikutip dari Independent, jika kamu duduk sepanjang hari berada di depan meja, ataukah hanya melangkah beberapa langkah saja secara teratur, beraktivitas dengan fisik yang pasif bisa meningkatkan resiko kematian dini, berdasarkan studi yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine.

Tim peneliti, dipimpin oleh peneliti Columbia University keith Diaz, menganalisis gerak harian dari hampir 8.000 orang dewasa berusia di atas 45, mengajukan pertanyaan kepada mereka untuk menggunakan akselerometer di pinggang mereka.

Oleh karena itu peneliti menyarankan bahwa orang yang cenderung duduk dalam jangka waktu lama seharusnya berdiri dan bergerak selama 30 menit untuk menurunkan ancaman tersebut.

 “Kita butuh cara kreatif untuk meyakinkan kita tidak hanya mengurangi waktu duduk, tetapi juga meningkatkan aktivitas aktif secara teratur,” ujar Monika Safford salah satu peneliti.

Temuan baru ini memperkuat temuan studi sebelumnya yang dilakukan oleh Cambridge University pada tahun lalu, menemukan bahwa satu dari enam kasus kematian disebabkan oleh gaya hidup orang kantoran, dikutip dari laporan The Sun.

Aktivitas fisik yang pasif juga dianggap sebagai penyebab utama dari sejumlah penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, kanker, dan demensia.