Skip to main content

Wapres JK: ASEAN Organisasi yang Punya Peranan Penting

Jusuf Kalla
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat di Kota Makassar, Sulsel. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, London - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melakukan kunjungan negara. Kali ini, JK akronim Jusuf Kalla berada di London, Inggris dalam rangka menghadiri resepsi ASEAN 50. JK menegaskan kembali betapa pentingnya ASEAN sebagai organisasi.

"Saya menghargai inisiatif pemerintah Inggris untuk menyelenggarakan resepsi ini yang merayakan ulang tahun salah satu organisasi regional terpenting di dunia saat ini," kata JK dalam pidato di Lancester House, London, Rabu (11/10/2017).

Menurut JK, Lancester House merupakan salah satu tempat bersejarah terkait berdirinya ASEAN. JK mengapresiasi kesediaan Inggris menjadi tuan rumah ASEAN 50 dan mengundang para diplomat se-ASEAN.

"Ini menandakan pentingnya Inggris melekat pada ASEAN. Wilayah Asia Tenggara adalah daerah yang sangat beragam; dengan perbedaan kemajuan ekonomi, sistem politik; ideologi, budaya, ukuran geografis dan agama," ujar JK.

"50 tahun yang lalu, kami berhasil menyisihkan perbedaan ini dan menetapkan ASEAN diciptakan berdasarkan semangat kemitraan di antara negara-negara anggotanya," jelasnya.

JK menjelaskan, ASEAN percaya menjaga perdamaian adalah dasar untuk mengembangkan ekonomi.

Kedatangan JK di Lancester House disambut oleh FCO's Permanent Under Secretary and Head of Diplomatic Service Simon McDonald. Hadir pula Minister of State for Asia and the Pacific Mark Field dan para duta besar dari negara-negara ASEAN.