Skip to main content

Wabup Bulukumba Buka Perkemahan Pramuka di Manyampa   

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satri saat membuka secara resmi perkemahan pramuka di lapangan Manyampa.


KABAR.NEWS, Bulukumba -  Dalam rangka memperingati Hari Pramuka yang ke-56 tahun 2017, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bulukumba menggelar perkemahan di lapangan Manyampa Kecamatan Ujungloe, Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 1.225 peserta anggota Pramuka terdiri dari anggota Pramuka Siaga 600 orang, Pramuka Penggalang 200 orang, Pramuka Penegak 320 orang dan Pembina Gugus Depan 105 orang. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yakni pada Jumat (11/8/2017) hingga Senin (14/8/2017) mendatang.

Rangkaian kegiatan perkemahan termasuk permainan persaudaraan, teknik kepramukaan, kegiatan sosial, serta kegiatan lainnya yang melatih pengembangan SDM dan karakter para kader-kader pramuka.

Menurut Ketua Panitia H Safiuddin, tujuan dari perkemahan ini guna menciptakan persaudaraan sesama anggota pramuka se-Kabupaten Bulukumba, sehingga mendorong lahirnya anggota pramuka yang berkualitas dan mandiri.

“Kami atas nama panitia menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pihak sehingga perkemahan HUT Pramuka ke-56 ini dapat kita laksanakan dengan semarak” ujar Axi sapaan Safiuddin yang juga merupakan legislator Bulukumba ini. 

Sementara itu, Wakil Bupati yang juga menjabat sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bulukumba Tomy Satria Yulianto mengatakan, agar para peserta pramuka dapat konsisten melaksanakan atau mengamalkan Dasa Darma Pramuka

"Insya Allah, sepuluh, dua puluh, dan tiga puluh tahun ke depan, Bulukumba akan mewariskan kader-kader terbaik yang mampu mengembang amanah dalam pembangunan Kabupaten Bulukumba," ujar Tomy dalam sambutannya saat membuka secara resmi perkemahan pramuka di lapangan Manyampa, Jumat (12/8/2017..
 
Gerakan Pramuka, lanjut Tomy adalah wadah penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian bagi generasi muda bangsa. Gerakan Pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya. Di Gerakan Pramukalah, anak- anak belajar persatuan, persahabatan, mencintai alam dan selalu berpikir positif.
 
“Jika adik-adik pramuka meresapi dan mencerna Dasa Darma Pramuka, maka kalian akan menjadi kader-kader terbaik untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di Kabupaten Bulukumba” ujarnya.
 
Dikatakannya, anak-anak Pramuka itu tidak hanya berpenampilan seperti berbaju keren dan bertongkat, tapi mereka adalah orang-orang yang berbeda dan terpilih karena memegang teguh nilai-nilai positif, sportif, tidak mudah menyerah, bersahabat dan menjaga kebersamaan.

  • Lodi Aprianto