Skip to main content

Viral! Seniman India Protes Jalan Berlubang Pakai Baju Astronot

Video Viral: "Astronot" India Protes Jalan Berlubang
Seniman India, Baadal Nanjundaswamy berjalan di atas jalan berlubang di Kota Bangalore. (Tangkapan layar/Twitter)

KABAR.NEWS, Bangalore - Seniman India, Baadal Nanjundaswamy, punya cara menarik untuk memprotes jalan - jalan berlubang di Kota Bangalore, India.


Kali ini, Nanjundaswamy beraksi menggunakan baju yang dirancang mirip "Astronot" dengan berjalan secara perlahan di atas jalan berlubang yang mirip seperti permukaan bulan.


Baca juga: Video Viral! Oknum Polisi di Papua Interogasi Pelaku Menggunakan Ular

Video Nanjundaswamy berjalan di jalan berlubang dengan baju Astronot, kini viral di medial sosial sejak video tersebut diunggah di akun Twitter @baadalvirus pada 2 September 2019.



Nanjundaswamy sengaja menggunakan baju Astronot, untuk menyinggung pemerintah India yang mengirim pesawat luar angkasa Chandrayaan 2 ke bulan pada Agustus lalu, sementara masih banyak jalan-jalan berlubang di negara tersebut.


Mengutip laporan BBC World, aksi Nanjundaswamy melangkah di atas jalan berlubang dengan kostum Astronot akhirnya dijawab pemerintah setempat dengan menambal jalan berlubang tersebut.


"Saya berjalan melakukan ini di sekitar 50 lubang dan otoritas sipil telah merespons dengan memperbaiki sebagian besar dari jalan itu," kata Nanjundaswamy, dikutip Sabtu (7/9/2019).


Baca juga: Video Viral: Ketua DPR Selandia Baru Pimpin Sidang Sambil Gendong Bayi

Ribuan orang India mengalami kecelakaan karean disebabkan jalanan berlubang. Nanjundaswam telah mendapatkan reputasi karena menggunakan seninya untuk menyoroti masalah-masalah publik di negeri Bombay khususnya jalan berlubang.


Ini bukan pertama kalinya pertunjukan seni Nanjundaswamy menjadi berita utama nasional dan internasional. Pada 2015, ia mengisi jalan lubang dengan "buaya" seukuran aslinya. Kemudian dia mengubah lubang menjadi kolam tiruan, yang segera menarik perhatian pihak berwenang.

 

loading...