Skip to main content

Video: Massa HMI Cabang Makassar Seruduk Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulsel

a
HMI cabang Makassar saat memasuki ruang Paripurna DPRD Provinsi Sulsel, Jumat (21/9/2018). (KABAR.NEWS/Lodi Aprianto)

KABAR.NEWS, Makassar - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar melakukan aksi demonstrasi di Kantor DPRD Provinsi Sulsel di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Jumat (21/9/2018) sore.

Aksi demonstrasi ini dilakukan untuk menyikapi pelemahan nilai rupiah terhadap dollar. Dalam aksi tersebut, mereka menyatakan sikap dengan mendesak pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan otoritas perbankan untuk bertanggung jawab dalam normalisasi nilai tukar rupiah.

Aksi unjuk rasa yang awalnya tertib tersebut tiba-tiba sedikit tegang karena puluhan mahasiswa ini mendesak untuk bertemu wakil rakyat di gedung DPRD Provinsi Sulsel. Akibatnya, mereka pun memaksa masuk ke dalam ruangan rapat paripurna DPRD Provinsi.

Terlihat, para peserta aksi ini pun berhasil menguasai ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Sulsel. Mereka pun dengan leluasa menduduki kursi serta tak tanggung-tanggung mereka juga berada di lokasi yang tak semestinya ditempati.

 

"Kami meminta Pak Jokowi untuk memecat menteri Perekonomian, menteri keuangan dan menteri perdagangan serta pejabat lainnya atas ambruknya perekenomian nasional," tegas Ketua Umum HMI Cabang Makassar, Yusuf.

Yusuf juga menegaskan bahwa pihaknya akan kembali turun melakukan aksi unjuk rasa di DPRD Provinsi jika tuntutannya tidak terpenuhi. Dan pastinya, kata dia, dengan jumlah massa yang lebih banyak.

  • Lodi Aprianto