Skip to main content

VIDEO: Jokowi Sebut Mudik dan Pulang Kampung Berbeda

VIDEO: Jokowi Sebut Mudik dan Pulang Kampung Berbeda
Presiden Joko Widodo melakukan wawancara ekslusif dengan Najwa Shihab. (Screen shot/YouTube)

KABAR.NEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan pernyataan kontroversial soal adanya perbedaan makna antara mudik dan pulang kampung di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19.


Pernyataan Jokowi tentang perbedaan mudik dan pulang kampung disampaikan saat wawancara ekslusif dengan presenter Najwa Shihab dalam program Narasi TV di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/4/2020).


Baca juga: Jokowi Mulai Larang Masyarakat Umum untuk Mudik


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dengan gamblang menyebut mudik dan pulang kampung berbeda. Pernyataan tersebut diujarkan Jokowi ketika Najwa Shihab melontarkan pertanyaan jumlah orang yang mencuri star mudik hingga kini berjumlah 900 ribu orang.


"Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung," ujar Presiden Jokowi dalam video yang diunggah akun YouTube Najwa Shihab, dilihat KABAR.NEWS, Kamis (23/4/2020).


Menurut Jokowi, mereka yang pulang kampung itu adalah para pekerja di wilayah Jabodetabek yang telah kehilangan pekerjaan sehingga memilih kembali ke kampung.


"Di sini sudah tidak ada pekerjaannya mereka pulang karena anak istrinya ada di kampung," sambung Jokowi. Pernyataan tersebut kemudian dipertanyakan Najwa Shihab, mengenai apa bedanya mudik dan pulang kampung.


Baca juga: Luhut Sebut Larangan Mudik Terapkan Strategi Militer


Mendengar pertanyaan itu, Jokowi lantas kembali menjelaskan bahwa mudik itu dimaknai ketika hari lebaran Idul Fitri bukan seperti 900 ribu orang yang mencuri star mudik seperti data Kementerian Perhubungan (Kemenhub).


"Mudik itu di hari lebarannya, beda, untuk merayakan idul fitri. Kalau bekerja itu yah bekerja di jakarta, anak istrinya ada di kampung," papar Jokowi.


Pernyataan Jokowi soal perbedaan mudik dan pulang kampung memicu kritik beragam dari pengguna internet atau netizen. Ada yang menyebut Jokowi memberi pernyataan menyesatkan dan ada juga mem-bully perkataan tersebut.


 

 

Flower

 

loading...