Skip to main content

Usulan Fraksi PPP Diterima, RUU Pendidikan Agama dan Ponpes Segera Dibahas

a
Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati (kanan) menyerahkan draft RUU Pendidikan Agama dan Pondok Pesantren. (INT)


KABAR.NEWS, Jakarta - Upaya Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR RI untuk menghadirkan prodak Undang - undang yang melindungi pendidikan agama dan pondok pesantren di Indonesia akhirnya dapat segera terwujud.

Hal itu ditandai setelah Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menggelar rapat dan meminta Fraksi PPP untuk segera membentuk panitia kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Pendidikan Agama dan Pondok Pesantren, Kamis (13/9/2018) kemarin.

Baca juga:

Ketua Fraksi PPP DPR RI, Reni Marlinawati mengatakan salah satu alasan PPP memperjuangkan RUU itu karena masih adanya ketimpangan lembaga pendidikan keagamaan dan pesantren. 

"Baik dalam hal anggaran maupun kebijakan sistem pendidikan nasional," kata Reni Marlinawati dilansir dari laman resmi PPP, Jumat (14/9/2018).

RUU Pendidikan Agama dan Pondok Pesantren terdiri atas 10 bab dengan 169 pasal. Diketahui, RUU ini telah diperjuangkan Fraksi PPP DPR RI sejak tahun 2013.

Diharap dengan adanya RUU ini, maka pendidikan keagamaan dan pesantren dapat semakin maju beriringan dengan perkembangan pendidikan umum di Indonesia.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SERAP ASPIRASI UMAT ISLAM, PPP KUNJUNGI LDII⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀ Kemarin, kami dan jajaran pengurus @DPP.PPP bersilaturahmi ke kantor pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). ⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀ Acara kunjungan ke LDII ini merupakan kegiatan berkala kami untuk mengunjungi ormas-ormas Islam di Indonesia. ⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀ PPP merupakan partai yang didirikan oleh umat Islam, sehingga kami akan selalu menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan ormas-ormas Islam di Indonesia. ⠀ ⠀ PPP juga akan terus menyerap dan menyalurkan aspirasi ulama dan para guru di semua lembaga pemerintahan, baik itu legislatif maupun eksekutif.⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀ @Ldii_News⠀⠀⠀ #LDII #LembagaDakwahIslamIndonesia #PPP #PartaiPersatuanPembangunan

A post shared by M. Romahurmuziy (@romahurmuziy) on

 

Selain Fraksi PPP, RUU Pendidikan Agama dan Pondok Pesantren juga diusulkan oleh Fraksi Partai Kesatuan Bangsa. Wakil Ketua Baleg DPR RI, Totok Daryanto mengatakan usulan RUU itu disetujui mayoritas partai dan masuk dalam RUU inisiatif.

“Kan nanti dibawa di dalam Panja, tentu kita akan membentuk Panja harmonisasi untuk melakukan pendalaman dari draf PPP dan PKB, disetujui ya,” tandas Totok.