Skip to main content

Tunggu Dokumen Lengkap, Renovasi Mattoanging Paling Lambat Juni

Dispor
Rapat koordinasi soal persiapan lelang rehabilitasi Stadion Mattoanging. (Ist)

KABAR.NEWS, Makassar- Proses renovasi Stadion Mattoanging (Andi Mattalatta) diperkirakan akan mulai dilakukan bulan Juni. Saat ini, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan tengah menyiapkan seluruh dokumen administrasi.

 

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel, Muhlis Mallajareng mengatakan pengerjaan fisik harus menunggu proses lelang selesai dan semua dokumen lengkap. Untuk mempercepat hal tersebut, lelang dokumen administrasi perencanaan dan fisik rehabilitasi Stadion Mattoangin dilakukan bersamaan.

 

"Draft untuk dokumen lelang sudah hampir final, kita kirim kembali ke LKPP untuk direview sebelum ditayangkan di LPSE. Kemarin kita sudah selesaikan Kerangka Acuan Kerja (KAK) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB)," kata Muhlis di Kantor Gubernur Sulsel, Jum'at (14/2/2020).

 

Tak hanya masalah lelang, pihak Dispora Sulsel juga masih menunggu hasil audit forensik yang akan dilakukan oleh tim Universitas Hasanuddin. Hasil audit ini akan menjadi dasar untuk penyusunan rancang bangun proses rehabilitasi stadion berumur 30 tahun lebih ini.

 

"Kan tidak semuanya kita bongkar, ini hanya renovasi. Jadi butuh kajian mana yang bisa dipakai dan mana yang sudah tidak layak. Misalnya, ada tribun yang masih bisa dipakai atau bagian lain. Desain awal dari Pak Yori Antar itu juga akan jadi dasar proses renovasi," jelasnya.


Baca juga: Percepat Rehabilitasi Stadion Mattoanging, Lelang Kontruksi dan Dokumen Pendukung Dilakukan Simultan


​​​​​​Terkait kontraktor yang akan menangani proses renovasi senilai Rp200 milliar tersebut, Muhlis menyebutkan salah satu syaratnya pernah menangani pembangunan atau rehabilitasi stadion berstandar internasional.

 

Sebelumnya, Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis berharap proses perencanaan lelang bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu, sebelum dilelang pihaknya melibatkan instansi terkait mulai dari Pokja lelang, LKPP, TGUPP bahkan pihak PSM Makassar yang selama menggunakan Stadion Mattoanging.

 

"Makanya kita lelang secara bersamaan mulai dari DELH, AMDAL, Amdalalin dan manajemen konstruksi serta lelang fisiknya. Kalau semuanya berjalan normal, kota usahakan secepatnya selesai dilelang," ucap Arwin.

 

Flower

 

loading...