Skip to main content

Trump akan Blokir TikTok di Amerika Serikat

Trump akan Blokir TikTok di Amerika Serikat
Ilustrasi TikTok. (KABAR.NEWS/Arya)

KABAR.NEWS, Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan membuat kebijakan memblokir aplikasi TikTok pada ponsel di seluruh Negeri Paman Sam.


Melansir Time, Sabtu (1/8/2020), Trump mengatakan dia akan mengambil tindakan secepatnya pada hari Sabtu untuk melarang TikTok. Aplikasi video populer milik Cina ini disebut telah menjadi sumber masalah keamanan dan sensor nasional.


Baca juga: Pecahkan Rekor, Tik Tok Didenda Rp80 Miliar karena Langgar Privasi Anak

Komentar Trump muncul setelah adanya laporan yang menyebut pemerintah AS meminta ByteDance China untuk menjual TikTok. Ada juga laporan pada Jumat bahwa Microsoft dalam pembicaraan untuk membeli layanan video populer ini.


"Sejauh menyangkut TikTok, kami melarang mereka dari Amerika Serikat," ujar Trump kepada wartawan saat berada di pesawat Air Force One, Jumat (30/7/2020).


Trump mengatakan, dia bisa menggunakan kekuatan ekonomi darurat atau perintah eksekutif untuk menegakkan tindakan memblokir TikTok di AS.


"Saya memiliki otoritas itu. Ini akan ditandatangani besok (hari ini, red)" kata Trump.


Adminsitrasi Trump telah lama mencurigai TikTok dapat mencuri data pengguna, khususnya warga AS untuk diserahkan kepada pemerintah Cina. Angkatan Darat dan Angkatan Laut AS telah melarang anggota layanan mengunduh aplikasi TikTok.


Baca juga: Tentara Amerika Dilarang Gunakan Aplikasi TikTok

Melansir CNET, Sabtu (1/8/2020), Dewan Perwakilan Rakyat AS pada awal bulan ini memilih untuk melarang penggunaan TikTok pada semua smartphone yang dikeluarkan pemerintah.


Senat diharapkan untuk mengikuti kebijakan ini. Dua senator juga meminta Departemen Kehakiman AS membuka penyelidikan atas TikTok, serta Zoom.


AS tidak sendirian dalam kekhawatirannya. India telah melarang TikTok, dan Australia juga mempertimbangkan untuk memblokir aplikasi tersebut.

 

Flower

 

loading...