Skip to main content

Tiga Makanan Khas Indonesia Jadi Makanan Terenak Dunia

Rendang
Rendang.(INT)


KABAR.NEWS, Jakarta - Indonesia tidak hanya dikenal sebagai negara dengan kebudayaan terbanyak di dunia, tetapi kulinernya pun sungguh kaya. Kekayaan kuliner tersebut berhasil memikat banyak orang. Tidak hanya dalam tetapi juga luar negeri.


CNN sempat mewartakan terkait makanan terenak di seluruh dunia versi mereka tahun 2017 lalu. Bukan masakan kari massaman dari Thailand, tetapi jawaranya adalah makanan khas Indonesia.


Baca Juga: 


Sajian Tanah Air berhasil menduduki posisi pertama dan mengungguli semua makanan dari seluruh dunia. Sebelumnya, telah dibuka terlebih dahulu pemungutan suara dan ada lebih dari 35 ribu suara yang ikut ambil bagian.


Lantas, makanan khas Indonesia apa saja yang sempat masuk dalam daftar makanan paling enak di dunia versi CNN 2017? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.


1. Rendang


Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat (Sumbar). Selain jadi primadona di negeri sendiri, rendang nyatanya juga didaulat sebagai makanan terenak di seluruh dunia versi CNN tahun 2017. Gelar ini dinobatkan setelah rendang mendapat suara terbanyak di pemungutan suara di media sosial Facebook.


Rendang merupakan masakan berbahan dasar daging dengan cita rasa pedas yang memakai berbagai campuran bumbu dan rempah-rempah saat dimasak. Proses memasak berjam-jam membuat rendang berwarna hitam pekat.


2. Nasi Goreng


Nasi Goreng bisa dikatakan sebagai makanan yang paling ikonik dari Indonesia. Tidak sedikit orang luar negeri yang kerap menyebut nasi goreng sebagai makanan favorit saat singgah di Tanah Air. Ternyata, benar adanya, nasi goreng dinobatkan sebagai makanan terenak versi CNN di posisi kedua setelah rendang.


3. Satai


Tidak hanya rendang dan nasi goreng, makanan khas Indonesia lainnya yakni satai juga sukses keluar sebagai makanan terenak di dunia versi CNN dan berada di urutan ke-14. 


Makanan dari daging yang dipotong kecil-kecil ini kemudian ditusuk dengan lidi, batang serai, atau bambu ini lalu dibakar dengan arang kayu. Biasanya, satai disajikan bersama bumbu kacang, kecap, bawang goreng, irisan bawang merah, dan cabai rawit.