Skip to main content

Tahukah Kamu? 6 Tips Diet Ini Hanya Mitos

Bsbjs
Ilustrasi. (Int)

KABAR.NEWS - Untuk mendapatkan tubuh ideal, seseorang biasanya mencoba berbagai cara, meski hal tersebut tidak teruji secara sains.

Biasanya, iklan dan referensi bacaan di internet menjadi satu-satunya alasan kuat seseorang untuk meyakini metode diet yang dilakukan sudah benar.

Faktanya, memang beberapa tips diet yang kita temukan di internet adalah mitos belaka. Selain karena memilintir fakta kesehatan, tips yang dianjurkan cenderung menjanjikan hasil instan dalam waktu cepat. Padahal, tidak demikian caranya untuk mendapat tubuh singset yang diidamkan.

Berikut 6 tips mitos tersebut yang dikutip KABAR.NEWS dari beberapa sumber

1. Minuman 'Ajaib' Teh Detoks dan Jus Pembersih

Dilansir Pop Sugar, minuman 'ajaib' macam ini dijual dengan ucapan manis berupa bisa menurunkan bobot tubuh hanya dalam waktu 14 hari. Di sinilah kekeliruan itu terjadi, Bunda.

Sebab, menurut sains, diet yang baik seharusnya dimulai dengan defisit kalori. Jadi, untuk menurunkan berat badan kalori yang diasup harus lebih sedikit dibanding kalori yang dibakar, Bun.

2. Latihan Perut Hanya 10 Menit

Pernah lihat iklan di internet untuk mendapatkan badan langsing, tips dietnya adalah latihan perut sepuluh menit dan perut akan kembali landai? Tapi faktanya menurut sains, tips cepat kurus terbaik adalah dengan melatih kekuatan tubuh dengan durasi olahraga 3-5 kali per minggu.

3. Diet yang sedang Tren

Dunia maya biasanya akan memviralkan jenis diet yang tengah digandrungi. Namun biasanya diet macam ini tidak berkelanjutan dan hanya jadi tren sesaat. 

Nah, Bunda jangan termakan tipe diet macam itu ya. Sains menyarankan jika ingin cepat kurus, harus rajin berolahraga kardio misalnya berlari, berjalan, atau bersepeda. Jangan lupa lakukan variasi olahraga lainnya.

4. Pembungkus Tubuh

Ada lagi tips diet dengan menggunakan pembungkus tubuh nan mahal dengan model bertubuh aduhai. Percaya deh, Bun, itu cuma ilusi. Nggak ada pembungkus tubuh apa pun yang bisa menurunkan bobot tanpa kita, si pemakainya, mengimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan olahraga.

Sains menyarankan, daripada Bunda membeli pembungkus tubuh yang diklaim ampuh menurunkan bobot, lebih baik terapkan pola makan sehat dan olahraga. Imbangi juga dengan tidur 6-9 jam setiap hari.

5. Cukup Lakukan Latihan Kardio

Latihan kardio adalah dasar untuk membentuk tubuh sehat. Tapi, bukan berarti Bunda harus melakukan kardio terus-menerus tanpa melakukan latihan kekuatan tubuh. Bangunlah kebiasaan baik dengan olahraga menyeluruh secara konsisten.

6. Suplemen Cepat Langsing

Bukan rahasia lagi bila internet dijejali dengan iklan pil pelangsing atau suplemen seperti ini. Klaimnya, pil atau suplemen ini bisa menurunkan berat badan dengan cepat. 

Padahal, sains menegaskan bahwa suplemen hanya pendukung semata dan butuh waktu untuk mendapatkan tubuh langsing. Jadi, jangan termakan dengan iklan macam ini ya, Bunda.