Skip to main content

Tahukah Anda Diet Keto dapat Turunkan Gairah Seks

gairah sex
Tahukah Anda Diet Keto dapat Turunkan Gairah Seks Ilustrasi. (INT)

KABAR.NEWS - Di tengah popularitas diet ketogenik yang tengah naik daun, justru muncul banyak hal yang bisa digunakan untuk melegitimasi bahaya diet rendah karbohidrat satu ini.

Sebelumnya, para ilmuwan beramai-ramai berpendapat bahwa diet keto bisa berdampak buruk. Tak cuma itu, ada pula penelitian yang menyebutkan bahwa diet keto justru bisa meningkatkan risiko diabetes. Di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan RI jelas-jelas tidak merekomendasikan diet rendah karbohidrat tersebut.

Teranyar, diet ketogenik disebut-sebut juga berpengaruh pada kehidupan seks Anda. Konon, diet ketogenik berperan dalam menurunkan gairah seks seseorang. 

"Diet ketogenik adalah diet karbohidrat yang sangat rendah dengan asupan 20-50 gram karbohidrat per hari, protein yang relatif tinggi, dan lemak yang moderat," ujar pakar nutrisi Lily Soutter, melansir The Independent.

Dengan asupan sedemikian rupa, ujar Soutter, asupan tubuh jadi tak seimbang dan menimbulkan masalah pada keseimbangan hormon. 

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa diet keto dapat menyebabkan penurunan fungsi tiroid yang membuat tubuh merasa cepat lelah. Secara tidak langsung, hal itu berdampak negatif pada hormon libido hingga dapat menurunkan dorongan seks seseorang.

Dengan diet keto, protein dalam tubuh yang tadinya berperan sebagai energi beralih menjadi pembakar lemak. Hal ini terjadi lantaran tak adanya kandungan karbohidrat yang cukup di dalam tubuh. 

Ahli gizi dari The Natural Health Bible for Women, Marilyn Glenville menyebut bahwa orang-orang yang menjalani diet keto bakal mengalami penurunan energi yang drastis.

Selain itu, beberapa bukti juga menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat meningkatkan produksi hormon stres kortisol yang dapat memengaruhi tiga kelenjar penting untuk menjaga hormon kita seimbang.

Diet keto sudah jelas membuat asupan karbohidrat berkurang. Padahal, otak manusia bergantung pada glukosa yang dikonsumsi. Karbohidra berperan memproduksi serotonin atau yang dikenal sebagai 'hormon bahagia'. Dengan kata lain, diet keto meningkatkan suasana hati Anda menjadi buruk.
 



loading...