Skip to main content

Sertifikasi Kompetensi Tenaga Ahli Forwarding Sulselbar Capai 30 Persen

alfi sulselbar
Pembukaan Uji Kompetensi ALFI/ILFA Sulselbar di Kota Makassar. (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (ALFI/ILFA) Sulselbar telah melakukan sertifikasi kompetensi tenaga ahli Forwarding sebanyak 70 orang atau 30 persen dari total tenaga ahli perusahaan.

Ketua ALFI/ILFA Sulselbar Dewi Noraeni menjelaskan, selama dua tahun terakhir ALFI Sulselbar sudah melakukan sertifikasi tenaga ahli forwarding sebesar 30 persen, dari total 160 anggota aktif di perusahaan yang terdaftar.

"Uji kompetensi ini bukan hanya diikuti oleh anggota ALFI saja, tetapi perwakilan akademisi dari Politeknik Maritim, operator pelabuhan dan kontraktor. Adapun klasifikasinya dibagi dua yakni member ALFi dan peserta reguler," ucap Dewi di sela-sela pembukaan Uji Kompetensi ALFI/ILFA Sulselbar, Sabtu (12/8/2017).

Uji kompetensi yang diterbitkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini, kata Dewi, memiliki akreditasi United Nations UN-ESCAP atau Economic & Social Commission for Asia and the Pacific.

Tim Penguji ALFI Institute ini juga menjelaskan, standarisasi kompetensi tenaga ahli ini cukup penting bagi keberlangsungan bisnis perusahaan-perusahaan farwarding di Sulselbar, khususnya Kota Makassar.
 
"Banyak perusahaan saat ini meminta agar ada kewajiban standard kompetensi tenaga ahli. Apalagi di Makassar ini kebanyakan proyek-proyek yang masuk, meski ekspor impor tidak terlalu besar," ujar Dewi didampingi tenaga Assesor ALFI Institute, John Afandi saat memberikan pengarahan dalam kegiatan ini.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini juga merupakan rangkaikan pelatihan Basic Freight Forwarding Course (BFFC) Angkatan V yang diselenggarakan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) ALFI/ILFA Sulselbar di Hotel Sahid Jaya Makassar pada Senin (31/7/2017) lalu.

Sekadar diketahui, pendidikan dan pelatihan atau Diklat reguler asosiasi logistik Sulsel ini bekerjasama Yayasan ALFI Institute Jakarta dan Lembaga Insan Prima. Kegiatan ini berlangsung sejak 31 Juli 2017 hingga 11 Agustus 2017 kemarin.

  • Lodi Aprianto