Skip to main content

Serda Wira Juga Pernah Berulah Saat Dinas di Padang

rhrehrehrtuj6
Komandan Korem Wirabima Brigjen TNI AD Abdul Karim saat melihat Serda Wira Sinaga saat diamankan di Denpom Pekanbaru, Riau. (INT) 

 

KABAR.NEWS, Pekanbaru - Sersan Dua (Serda) Wira Sinaga menjadi perhatian publik saat video dirinya marah-marah dan memukul anggota Polantas di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau. Akibat perbuatannya saat ini Serda Wira Sinaga sudah ditahan di Denpom Pekanbaru. 

Aksi dalam video yang beredar di media sosial (medsos) ternyata bukan yang pertama kali dilakukan oleh Serda Wira Sinaga. Sebelumnya Serda Wira Sinaga juga pernah bermasalah dengan Polantas saat berdinas di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada tahun 2014 lalu. 

Komandan Korem Wirabima Brigjen TNI AD Abdul Karim menjelaskan sikap dan perilaku menyimpang Serda Wira Sinaga terlihat setelah operasi militer di Papua pada tahun 2013 lalu. Diduga akibat banyak masalah, Serda Wira mengalami ganggu psikologis pada tahun 2014. 

"Pada tahun 2015, dia ini dipindahkan ke Korem Padang (Sumatera Barat), sempat berurusan pula dengan Polantas di sana setelah dua bulan berdinas," kata dia yang dikutip dari liputan6.com, Jumat (11/8/2017) pagi.

Selain pernah bertugas di Padang, Serda Wira Sinaga juga pernah bertugas di Batalion 121 Macan Kumbang Sidikalang. Wira kini tengah berobat rawat jalan setelah menunjukkan depresinya. Meski demikian, Serda Wira pernah dihukum selama 1 bulan 20 hari mulai dari Oktober hingga akhir Desember 2015.

"Istilah TNI itu ada THTI, yaitu tidak hadir tanpa izin. Setelah diproses, kemudian dihukum," kata Abdul Karim.

Karena itu, Serda Wira juga dipindahkan ke Korem Padang, Sumatera Barat. Setelah bermasalah dengan Polantas di sana, Serda Wira akhirnya dipindahkan ke Korem Wirabima Riau dan tidak mendapatkan jabatan.

"Tidak cocok lagi di satuan tempur, makanya tanpa jabatan‎ di Korem," ucap Abdul Karim.