Skip to main content

Selain Sumber Vitamin, Ini Manfaat Sehat Jeruk yang Jarang Diketahui

jeruk
Ilustrasi (INT)

 

KABAR.NEWS – Buah jeruk merupakan jenis buah yang cukup populer. Rasanya yang asam manis, dianggap punya kandungan vitamin C yang sangat kaya, untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada kondisi tertentu.

Buah ini punya sejumlah jenis, seperti Jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk sunkis, jeruk nipis, jeruk bali, dan lain sebagainya. 

Umumnya, jeruk sangat lekat dengan manfaatnya bagi ketahanan tubuh karena kandungan vitamin C. Namun, ternyata buah jeruk punya sejumlah manfaat lain yang jarang diketahui.

Dikutip dari laman Health, berikut ini ulasan mengenai sejumlah manfaat sehat buah tersebut:

1. Sumber serat
Wanita setidaknya harus mengonsumsi sekitar 25 gram serat setiap hari. Menurut ilmuwan, kandungan serat yang ada pada jeruk bisa menurunkan kolesterol dan membantu kadar glukosa dalam darah.

Selain itu, makanan kaya serat juga membuat kita kenyang lebih lama, karena tidak larut dalam pencernaan.

2. Baik untuk jantung
Jeruk mengandung flavonoid, yaitu zat yang membantu kesehatan jantung ujar Keri Gans, ahli nutrisi dari New York.  

3. Indeks glisemik rendah
Buah jeruk memiliki tingkat indeks glisemik yang rendah, yaitu pada skala 100 poin. Hal ini berarti bahwa buah ini tidak akan menambah kadar gula darah anda, seperti pada makanan lainnya. 

4. Menyembuhkan pilek
Kandungan vitamin C pada jeruk tercatat paling tinggi, dengan 51 mg dibandingkan buah lainnya. Hal ini membuat buah ini bisa mencegah masuk angin, dan membuat durasi penyakit pilek menjadi lebih singkat. 

5. Kaya potassium
Selain pisang, buah jeruk ternyata juga kaya dengan potassium. Senyawa ini sangat berguna bagi keseimbangan mineral dan kekuatan otot. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi potassium bisa menurunkan resiko stroke sejumlah 21 persen. 

6. Membantu menyerap nutrisi
Menambahkan jeruk dalam menu makan anda sangat baik. Karena buah ini membantu penyerapan nutrisi untuk tubuh. Sehingga tubuh akan lebih sehat, dengan daya tahan lebih baik dan membantu tubuh memproduksi sel darah. 

7. Menghidrasi
Sama seperti timun, semangka dan tomat. Jeruk juga dapat menghidrasi tubuh dengan baik.
Kandungan air dalam buah jeruk cukup tinggi, yaitu sekitar 87 persen.

8. Membuat lebih awet muda
Vitamin C berperan dalam produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit. Sehingga dengan mengonsumsi buah jeruk bisa membantu menjaga kesegaran kulit agar terlihat lebih awet muda. 

9. Menurunkan berat badan
Buah jeruk mengandung sedikit sekali lemak. Sehingga, menambahkan buah jeruk pada makanan anda bisa membantu menurunkan berat badan. 

Selain itu, asam yang terkandung dalam jeruk menjadikannya ramah diet bagi anda yang sedang menurunkan berat badan.

Nah, demikian ulasan mengenai manfaat sehat tersebut. Buah ini bisa menjadi pilihan bagi sumber makanan sehat harianmu, untuk memperoleh tubuh yang sehat.