Skip to main content

Sedang Diet? Lima Makanan Ini Bisa Membantu Membakar Lemak Anda

Sedang Diet? Lima Makanan Ini Bisa Membantu Membakar Lemak Anda
Ilustrasi kacang polong. (Getty)

KABAR.NEWS - Bukan hanya berolahraga secara teratur untuk membakar lemak. Menkonsumsi jenis makanan tertentu ternyata juga dapat mengurangi lemak pada tubuh. 



Istilah untuk "makanan pembakar lemak" dapat berlaku pada jenis makanan yang menghasilkan lemak dengan merangsang metabolisme, mengurangi nafsu makan, atau mengurangi asupan makanan secara keseluruhan.


Makanan seperti kacang, juga bisa mengimbangi rasa lapar lebih lama dari yang lain. Mengkonsumsi makanan ini dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mengurangi asupan makanan secara keseluruhan, yang mengarah pada penurunan berat badan.



Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, berikut ini ada beberapa makanan yang dapat membakar atau mengurangi lemak dilansir dari Medical News Today:


1. Kacang polong


Kacang polong kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Mereka juga mengandung karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber energi yang baik. Kacang polong juga mengandung protein yang bisa mengimbangi rasa lapar.

Sebuah studi yang muncul dalam Nutrition Journal (2011) menjelaskan bahwa protein yang terkandung dalam kacang polong memiliki dampak yang lebih besar pada pengurangan rasa lapar daripada protein whey dari susu.


2. Telur


Menurut laporan American Heart Association (AHA), telur kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang penting bagi kesehatan. Meski makanan jenis ini tinggi kolesterol, tetapi tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa makan kolesterol menyebabkan kolesterol tinggi dalam tubuh.


Telur juga merupakan sumber protein yang sangat baik dan dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Sebuah studi dalam jurnal Nutrition Research menemukan bahwa makan telur saat sarapan memiliki dampak positif pada pengendalian rasa lapar dan asupan makanan di kemudian hari.


3. Teh hijau


Teh hijau disebut sebagai salah satu sumber antioksidan yang bermanfaat dan mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan. Salah satu manfaat ini termasuk penurunan berat badan.


a
Green tea. (INT)

 


Penilitian tentang teh hijau dalam menurunkan berat badan pernah diulas pada Cochrane Database of Systematic Review yang terbit pada 2012. Review ini mengungkap bahwa mengkonsumsi teh hijau menyebabkan penurunan berat badan pada orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas.


Jumlah penurunan berat badan itu kecil tetapi secara konsisten hadir di beberapa penelitian yang berbeda.


4. Yogurt


Menurut sebuah studi dalam Nutrition Jurnal (2014), Yogurt atau susu masam kental, ternyata memiliki protein tinggi yang dapat mengontrol nafsu makan, mengimbangi rasa lapar dan menurunkan asupan makanan secara keseluruhan.

 

Yogurt dapat beragam kandungan gizinya. Yoghurt biasa, seperti yogurt gaya Yunani, adalah yang paling menyehatkan. Ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan probiotik. Yoghurt juga mengandung berbagai jenis protein, seperti kasein dan whey. 


5. Cabai


Cabai mengandung bahan kimia capsaicin, yang bisa bermanfaat bagi penurunan berat badan. Sebuah tinjauan sistematis tahun 2012, yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, menunjukkan bahwa capsaicin dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi nafsu makan. Efek ini dapat membantu menurunkan berat badan.

 

Terlepas dari lima makanan tersebut di atas, makanan tertentu dapat membantu seseorang membakar lemak dan menurunkan berat badan.

 

Namun, penting untuk diingat bahwa makanan yang membakar lemak harus menjadi bagian dari diet sehat secara keseluruhan. Juga, seseorang harus melakukan aktivitas fisik secara teratur untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan.