Skip to main content

Sambut Harbolnas Lazada Komitmen Hadirkan Solusi Terpadu di Makassar

Sambut Harbolnas Lazada Komitmen Hadirkan Solusi Terpadu di Makassar
Chief Merketing Officer Lazada Achmad Alkatiri sedang mmeberikan keterangan saat geram konfrensi pers terkait hari belanja nasional (Harbolnas) Lazada di hotel Best Western Hotel Makassar, Kamis (23/11/2017). (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Makassar - Setelah sukses menyelenggarakan ajang Online Revolution yang memecahkan sejumlah rekor tahun 2016, situs belanja online nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara, hadir menyapa kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan mengadakan kegiatan lokakarya seller dan acara Jumpa Pers di Hotel Best Westren Makassar, Kamis (23/11/2017).

Sebagai e-commerce no. 1 di Asia Tenggara, Lazada group telah mencatat rekor penjualan tertinggi pada pembukaan Online Revolution 11 November lalu. Pada Online Revolution 11.11, Lazada Group yang beroperasi di 6 negara berhasil mencatat Gross Merchandise Value (GMV) sebesar lebih dari Rp1,6 triliun, tumbuh sebesar 171% dibandingkan ketika 11.11 di tahun 2016.

Untuk Lazada Indonesia sendiri, pada tanggal 11 November hari Sabtu kemarin, tercatat kenaikan Gross Merchandise Value (GMV) hampir 7x lipat bila dibandingkan dengan hari biasa. 
Ini menjadi momen penting penanda dimulainya bulan Online Revolution yang akan berlangsung hingga Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di 12 Desember (12.12) nanti.

Achmad Alkatiri, Chief Merketing Officer, Lazada Indonesia mengatakan, bahwa ajang online Revolution adalah ‘fase pemanasan’ yang puncaknya nanti adalah ketika Harbolnas tanggal 12 Desember.

Setelah berhasil memecahkan rekor pada Online Revolution 11.11 lalu, Lazada optimis tahun 2017 akan menjadi tahun Harbolnas (hari belanja online nasional) terbaik bagi seller dan konsumen Lazada.

"Seluruh manajemen Lazada Indonesia tengah melakukan sejumlah persiapan dan strategi khusus untuk seluruh seller kami. Termasuk UKM agar dapat memanfaatkan momentum ini guna mengembangkan bisnisnya. Dan di sisi lain juga memastikan pengalaman berbelanja konsumen di seluruh Indonesia selalu nyaman, aman, dan menyenangkan,"ujar Achmad Alkatiri.

Salah satu strategis yang dilakukan oleh manajemen Lazada adalah dengan bekerjasama secara strategis dengan penyedia fasilitas logistik setempat di Makassar untuk mempermudah akses distribusi dari dan ke Indonesia bagian tengah dan timur.

Selain itu, Lazada juga menyelenggarakan sesi lokakarya bagi para anggota komunitas Lazada Club Makassar yang terdiri dari para pengusaha UMKM kreatif pemilik toko virtual di situs Lazada.co.id. Sesi tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan para wirausahawan mengantisipasi lonjakan permintaan konsumen saat Harbolnas.

Hadir sebagai salah satu narasumber dalam lokakarya tersebut adalah Hamzah Harun, Lazada Seller ‘City Leader’ Makassar yang berbagi beberapa poin penting yang perlu dicatat oleh para seller jika ingin sukses pada ajang Harbolnas.

“Saya rasa Online Revolution dan Harbolnas merupakan kesempatan yang baik bagi seller, termasuk pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk dan meningkatkan jumlah penjualan. Saat 11.11 kemarin saya merasakan sendiri, peningkatan jumlah order yang saya dapat naik 700% dari hari biasa,"jelasnya. 

"Menurut saya, kunci keberhasilan terletak pada ketersediaan produk, penawaran harga yang menarik dan respon yang cepat atas pertanyaan konsumen. Jika konsumen puas mereka akan kembali berbelanja produk kita meskipun kampanye sudah usai,"tambahya.

Hamzah Harun menambahkan dengan inovasi terbaru di situs Lazada.co.id kini sistem kami mampu menampung sebanyak 90 juta pesanan perhari. 

Selain itu, Lazada juga memiliki fitur dan fasilitas Cash on Delivery dan Gratis OnKir ke seluruh Indonesia dengan pembelian dan dengan jumlah serta nominal tertentu, sehingga pengalaman berbelanja online di Lazada semakin nyaman dan menyenangkan bagi seller maupun konsumen.
 

  • Irvan Abdullah