Skip to main content

Puting Beliung Hancurkan 1.697 Rumah di Bogor

Puting Beliung

 


KABAR.NEWS, Bogor - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor merilis ada 1.697 rumah di kota Bogor mengalami rusak akibat puting beliung. Wali kota Bogor Bima Arya mengaku jumlah bangunan yang rusak tersebut tersebar di 8 keluarahan di kota Bogor. 


"Ada delapan Kelurahan yang terdampak, seperti Batutulis, Lawanggintung, Pamoyanan, Cipaku, Ranggamekar, Sukasari, Baranangsiang dan Babakan Pasar. Estimasi kerusakan rumah akibat bencana puting beliung kemarin bertambah jadi 1.697 unit," paparnya seperti dikutip dari detikcom, Jumat (7/12/2018).


Baca Juga: 


Lokasi terparah, berada di Kelurahan Batutulis dengan jumlah kerusakan sebanyak 472 unit rumah, dengan rincian 280 unit rumah rusak berat dan sisanya rusak ringan. 


Selanjutnya di Kelurahan Pamoyanan sebanyak 452 unit rumah rusak, Kelurahan Cipaku 224 unit, Kelurahan Babakan Pasar 178 unit, Kelurahan Sukasari 139, Kelurahan Lawanggintung 112 unit, Kelurahan Ranggamekar 65 unit dan Kelurahan Baranangsiang 55 unit.


"Saya instruksikan untuk rekan-rekan di wilayah melakukan pendataan rumah tersebut sesuai kategori, yang mana rusak berat, sedang dan ringan. Harus by name by address. Cek juga status kepemilikan tanah agar tidak terjadi masalah baru," ujar Bima.


Ia menambahkan saat ini Pemkot Bogor memiliki anggaran sekitar Rp 6 miliar yang dapat digunakan untuk tanggap darurat bencana. Pemkot Bogor sudah membuka Posko Bantuan di eks PT IMI di Cipaku untuk wilayah Bogor Selatan, Kantor Kecamatan Bogor Timur di Jalan Raya Pajajaran untuk wilayah Bogor Timur, dan di Kantor Kelurahan Babakan Pasar untuk wilayah Bogor Tengah.


"Karena jumlah kerusakan begitu banyak, mencapai 1.697 unit rumah yang terdampak. Saya juga mengajak OPD yang ada di lingkungan pemkot Bogor untuk menyumbangkan bantuan dengan fokus ke wilayah Bogor Selatan," pungkasnya. 

 

loading...