Skip to main content

Pertama di Indonesia, Colliq Pujie Performance Pentaskan Naskah Eugene O'Neill

Pertama di Indonesia, Colliq Pujie Performance Pentaskan Naskah Eugene O'Neill
Proses set panggung sebelum pementasan Long Day's Journey Into Night oleh Colliq Pujie Performance di Gedung Kesenian Societiet de Harmonie, Makassar, Sabtu (9/11/2019)

KABAR.NEWS, Makassar - Long Day's Journey Into Night adalah naskah drama dari Eugene O'Neill akan dipentaskan oleh Colliq Pujie Performance sebagai produksi ke- 4 di Gedung Kesenian Societiet de Harmonie, Makassar, Sabtu (9/11/2019).


Naskah drama dari Eugene O'Neill ditulis pada tahun 1941 - 1942 yang diklaim sebagai drama Amerika terbaik pada abad ke-20. Colliq Pujie Performance akan mementaskan naskah ini untuk pertama digelar pada pukul 14.00 Wita dan pertunjukan kedua pukul 20.00 Wita.


Baca juga: 25 Band Bakal Tampil di Sound of Reunion Forum Musisi Palopo

"O’Neill dengan tegas tidak ingin menerbitkan dan mementaskan naskah ini, namun tetap diterbitkan oleh istrinya 25 tahun setelah kematiannya," ujar Fitriansal Sinauleng Dramaturg pentas tersebut, kepada KABAR.NEWS, Sabtu (9/11/2019).


Lanjut Fitriansal bahwa Long Day's Journey Into Night adalah permainan kesedihan lama, ditulis dengan air mata dan darah, alasan O'Neill.

 

Naskah ini menceritakan tentang kehidupan, kegagalan, kehilangan harapan, kemungkinan mimpi dan segala macam kenangan yang mencegah mereka untuk mengubah situasi sedih mereka sendiri.


James Thrones dengan istrinya Mary beserta anaknya James dan Admun, menganggap rumah adalah tempat hati. Namun, masa lalu memainkan peran yang berbeda. Fatalisme, disfungsional keluarga dikendalikan oleh diskusi masa lalu, sekarang dan masa depan.


Seluruh tim artrisik dan produksi dari pertunjukan teater ini tetap optimis melewati proses yang rumit. Bahwa prosesnya harus sampai pada pertunjukan untuk dipertontonkan di Makassar sebagai niat awal dari mereka agar bisa menjalin perjalanan psikologi bersama O'neill dan masyarakat Indonesia khususnya Sulawesi Selatan.


Baca juga: Review Film Ati Raja, Kisah Cinta Warga Keturunan dan Pribumi

"Naskah yang sangat kompleks, Oneill berhasil menjadi dramawan, penulis dan aktor pada naskahnya sendiri,” tutup Nilam.


Naskah drama Eugene O'Neill merupakan pertama kali dipentaskan di panggung teater Indonesia dengan pemain Salman Egi Hadian, Risda Darmayanti, Alamsyah Alimuddin, Amirtang dan Hajra Romeesa.


Mustawaf Ansar/CP/B

 

 

loading...