Skip to main content

Permudah Pengusaha Makassar, Pemkot Bakal Ringankan Pajak

kabar.news
Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf. (IST)

 

 

KABAR.NEWS, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan berusaha melakukan pemulihan ekonomi. Syarat utamanya adalah kembali membuka berbagai akses ekonomi. Mengingat dampak kerugian yang disebabkan pandemi Covid-19 cukup meresahkan. Pj Wali Kota Makassar Yusran Jusuf mengatakan, pihaknya bakal memberikan keringanan kepada para pengusaha.

 

"Para pengusaha meminta adanya stimulus untuk mendorong dia bisa bangkit kembali, Kami di Pemerintahan sudah menyiapakan beberapa stimulus kebijakan yang intinya memberikan kemudahan kepada para pengusaha untuk memulai usahanya," kata Yusran, di Rujab Walikota Makassar kepada wartawan, Rabu (27/5/2020) malam.

 

Beberapa Asosiasi dari beberapa sektor usaha pun telah berkonsultasi pada Yusran untuk konsep penerapan perekonomian yang cocok di tengah pandemi. Yusran mengaku akan menyerahkan secara teknis pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

 

"Kemarin itu beberapa Asosiasi, kami juga meminta konsep apa yang diharapkan dari kami, lembaga teknis perdagangan perindustrian sudah rapat apa yang bisa mereka lakukan untuk kemudahan," ucap Yusran.

 

Ia mengaku perekonomian memang sangat lemah saat ini, sehingga perlu memberikan stimulus kebijakan agar pengusaha tak terbebani. Stimulus tersebut akan berupa kemudahan perizinan dan keringanan pajak.

 

"Karena kan sektor usaha ini dalam posisi sangat lemah sehingga perlu ada stimulus perizinan, pajak, mungkin kita akan bicara bagaimana memberikan stimulus," ujar Yusran.

 

Kemudahan perizinan tersebut seperti tahapan perizinan yang tak rumit, sehingga dapat diproses secara cepat. Sedangkan keringanan pajak berupa ditolerirnya pengusaha yang menunggak pajak dengan tak memberikan denda.

 

"Jadi ada tahapan-tahapan perizinan, termasuk tidak memberikan denda bagi yang menunggak. Kemudahan mempercepat proses izin, seperti itu," pungkas Yusran.

 

  • Penulis: Fitria Nugrah Madani/C

 

 

Flower

 

loading...