Skip to main content

Peraturan Baru, WNI Berusia 40 Tahun Bisa Ikut CPNS, Tapi..

Aturan Baru, WNI Berusia 40 Tahun Bisa Daftar CPNS, Tapi..
Ilustrasi. CPNS Kemenkumham saat akan mengikuti tes CAT tahun 2018 di Makassar. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Jakarta - Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 40 tahun kini diperbolehkan untuk ikut mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).


Aturan baru itu berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 17 Tahun 2019. Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 3 Juli 2019 telah meneken aturan tersebut.


Baca juga: Menpan-RB: Tahun Ini 100 Ribu CPNS Direkrut, Prioritaskan Guru

Melalui Keppres ini, pemerintah membuka peluang bagi lulusan Strata 3 (doktoral) dengan batas usia paling tinggi 40 tahun menjadi CPNS untuk jabatan-jabatan tertentu.


Tapi, jabatan-jabatan tertentu yang dimungkinkan untuk pelamar berusia paling tinggi 40 tahun itu, menurut Keppres ini, adalah Dokter; Dokter Gigi; Dokter Pendidik Klinis; Dosen; Peneliti; dan Perekayasa.


"Untuk jabatan Dokter dan Dokter Gigi dengan kualifikasi dokter spesialis dan dokter gigi spesialis,” bunyi diktum kedua Keppres tersebut, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Senin (9/9/2019).


Sedang untuk jabatan Dosen, Peneliti, dan Perekayasa, menurut Keppres ini, kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor). Sebelumnya pemeritah hanya memperbolehkan CPNS maksimal berusia 35 tahun.


Baca juga: Menhub Bakal Borong 100 Mobil Listrik untuk Pejabat

"Usia pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil dihitung saat melamar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil,” bunyi diktum kelima dalam Keppres ini.

 

Sekadar diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada tahun ini berencana melakukan penerimaan 100 ribu CPNS dan 75 ribu pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

 

loading...