Skip to main content

Penyanyi John Butler Diklaim Dukung Pembebasan Papua Barat

Penyanyi John Butler Diklaim Dukung Pembebasan Papua Barat
John Butler. (Rolling Stone/ Ryan Pfluger)

KABAR.NEWS - Penyanyi asal Australia, John Butler, diklaim mendukung kebebasan Papua Barat untuk berpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Baca juga: Segera Dibangun, Perkantoran Rusak di Papua Dianggarkan Rp100 Miliar

Klaim dukungan John Butler disampaikan akun Twitter pembebasan Papua Barat @FreeWestPapua. Penyanyi berusia 44 tahun itu disebut mendukung pembebasan Papua Barat bersama warga Australia.


"Saya berdiri bersama banyak warga Australia dan Papua Barat untuk menyerukan kebebasan Papua Barat," tulis cuitan @FreeWestPapua, Selasa (3/9/2019).


Akun Twitter dengan jumlah pengikut 38 ribu lebih itu juga mengklaim, bahwa Butler menilai warga Papua Barat telah dijajah selama bertahun - tahun oleh Indonesia.


"Papua Barat telah dijajah dan diduduki selama bertahun-tahun sekarang dan rakyat Papua Barat menginginkan kebebasan, kedaulatan, dan pengarahan diri sendiri," sambung tweet tersebut, dalam bahasa Inggris.



Menurut laporan The Age, John Butler dikenal sebagai salah satu penyanyi yang aktif mengkampanyekan isu-isu perdamaian dan lingkungan hidup. Sejumlah lirik lagu pelantun Tell Me Why itu memuat pesan - pesan politik.


Baca juga: Tur Ed Sheeran Pecahkan Rekor Konser Terbesar Sepanjang Masa Milik U2

Klaim dukungan John Butler terhadap pembebasan Papua Barat mungkin didasarkan pada sebuah video di YouTube yang diunggah tahun 2012 oleh akun.

 

Sebelumnya, Imigrasi Kemenkum HAM mendeportasi  empat warga negara Australia karena diduga ikut dalam unjuk rasa pembebasan Papua Barat di Sorong, pada Rabu 27 Agustus 2019.

 

loading...