Skip to main content

Pencuri Modus Penumpang Mobil Lintas Kabupaten Ditembak Polisi

Timsus
Pelaku usai diberikan perawatan medis di RS Bhayangkara Makassar.

KABAR.NEWS, Makassar - Tim Khusus (Timsus) Polda Sulsel bersama Jatanras Maros, berhasil mengungkap dan meringkus komplotan pelaku pencurian lintas kabupaten dengan modus berpura -pura sebagai penumpang angkutan umum.

Dia adalah Parasyam alias Bule. Pelaku curas ini diamankan di rumah salah satu kerabatnya di jalan Poros Jeneponto - Bantaeng, kampung Pangarawakkang, Desa Balusukang, Kecamatan Tamalate, Kabupaten Jeneponto, Senin (11/2/2019) malam.

Panit Timsus Polda Sulsel, Ipda Arthenius MB mengatakan, adanya laporan polisi terkait aksi pencurian dengan kekerasan modus sopir mobil, sehingga langsung dilakukan penyelidikan. Alhasil, keberadaan pelaku berhasil diendus di Kabupaten Jeneponto. 

"Saat mengetahui keberadaan pelaku, anggota langsung bergerak ke Jeneponto. Dan pelaku pun berhasil diamankan saat asyik nongkrong bersama rekannya di pinggir jalan poros," kata Arthen, Selasa (12/2/2019) pagi.

Arthen menjelaskan bahwa pelaku ini merupakan pelaku pencurian lintas kabupaten. Dia beraksi dengan berpura pura sebagai penumpang angkutan umum bersama dengan rekannya Amaluddin. Dimana, Amaluddin sebagai supir dan Bule sebagai penumpang dan duduk di kursi belakang. 

"Pada saat korban menumpangi mobil angkutan umum (avanza), Bule yang berada di belakang langsung merangkul korban sambil mengancam menggunakan senjata tajam (Sajam). Sehingga korban menyerahkan seluruh barang berharganya," tambahnya.

Tak hanya itu, pelaku juga memaksa korban untuk memberitahukan no rekening serta menarik sejumlah uang korban di dalam ATMnya. Selanjutnya, korban diturunkan dari mobil di wilayah Kabupaten Maros dengan mengalami luka pada kepalanya. Dan usai menguras barang milik korban, kedua pelaku pun kembali ke Jeneponto.

"Mereka langsung pulang ke Jeneponto. Dan hasil kejahatannya dibagi dua dan digunakan untuk keperluan sehari-hari serta berfoya-foya," katanya.

Kemudian, petugas langsung melakukan pengembangan kasus untuk mencari barang bukti lainnya. Namun, ditengah perjalanan, pelaku berupaya melarikan diri sehingga dilumpuhkan lalu dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar untuk diberikan perawatan medis.

"Usai diberikan perawatan medis, pelaku langsung diserahkan ke Mapolres Maros untuk dilakukan pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut," pungkasnya.

  • Lodi Aprianto

 

loading...