Skip to main content

Pawai Obor Keliling, Hiasi Peringatan 10 Muharram di Jeneponto

Peringatan 10 Muharram
Pawai obor dalam peringatan 10 Muharram 1441 Hijriah di Jeneponto / (KABAR.NEWS - Akbar Razak)

KABAR.NEWS, JENEPONTO - Beragam cara dilakukan masyarakat untuk menyambut bulan 10 Muharram 1441 Hijriah Tahun 2019. Di Kabupaten Jeneponto, puluhan warga menggelar pawai obor dalam menyambut bulan suci itu.

 

Ketua panitia kegiatan, Hardianto Haris mengatakan, pawai dilaksanakan untuk mengingat seluruh momen sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan Islam. 

 

Khususnya pada waktu melakukan perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah. "Ini sebagai bentuk ajakan kami kepada masyarakat Jeneponto, untuk memaknai bentuk perjuangan Rasulullah SAW,” kata Hardianto, Selasa (10/9/2019).

 

Dalam pawai obor keliling Senin (9/9/2019) malam tadi, para peserta berjalan kaki kurang lebih tiga kilometer. Mereka melalui rute Jalan Lanto Dg Pasewang menuju Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Empoang Kota, Kecamatan Binamu. 

 


Baca juga : Aksi Tuntut Kadis Koperasi Jeneponto Dicopot Ricuh, Mahasiswa Mengaku Dicekik


 

 

Kalimat Lailahaillallah terus dikumandankan disepanjang jalan sambil membawa bendera Ar-Rayah dan Al-Liwa sembari menenteng obor, hingga ke lokasi tujuan akhir pelaksanaan. 

 

Pawai disepanjang jalan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran di Ballakopi Turatea.

 

“Kegiatan ini juga bertujuan agar dapat mengajak masyarakat Jeneponto dalam hijrah. Ini ada pesan moral, kita mengajak masyarakat untuk hijrah menuju kebaikan," ucapnya

 

Usai pawai obor agenda dilanjutkan dengan pencak silat di lapangan Tamalatea, Kecamatan Tamalatea Jeneponto. 

 

"Semoga kegiatan ini dapat berkesinambungan untuk generasi umat Islam di Kabupaten Jeneponto dan sekitarnya," pungkas Hardianto.

 

Akbar Razak

 

 

 

loading...