Skip to main content

Pandemi Corona: Angka Ibu Hamil di Maros Menurun, Sebabnya?

3 Kemungkinan Penyebab Angka Ibu Hamil di Maros Menurun
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Maros, Hasmawati, S. Kep. NS., M. Kes (KABAR.NEWS/Fahrul)

KABAR.NEWS, Maros - Angka ibu hamil di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, mengalami penurunan selama Pandemi Covid-19 atau tiga bulan terakhir menurut data Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.


Dinkes Maros mencatat pada Februari 2020, angka ibu hamil mencapai 737. Di bulan Maret tercatat 651 jumlah kehamilan dan jumlah itu semakin menurun di bulan April diangka 538 kehamilan.


"Itu adalah angka laporan K1, yang artinya ini kunjungan pertama ibu hamil memeriksakan diri ke Puskesmas," ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Maros, Hasmawati, di kantornya, Selasa (12/5/2020).


Hasmawati menjelaskan, ada beberapa faktor yang mungkin jadi sebab penurunan angka ibu hamil di masa pandemi Covid-19 ini. Yang pertama, kata dia, banyaknya pasangan yang menunda untuk memiliki momongan karena kondisi perekonomian.


Kedua, wabah Covid-19 ini meningkatkan stres sehingga mungkin saja membuat beberapa pasangan untuk malas berhubungan suami istri.  "Tingkat stres juga kan memengaruhi minat seks dan kesuburan," tambahnya.


Faktor ketiga kata Hasmawati, diberlakukannya larangan berkumpul dan membuat kegiatan dengan melibatkan orang banyak sejak bulan Maret lalu. Polres Maros juga telah menegaskan tidak akan mengeluarkan surat izin keramaian pada kegiatan berbentuk apapun termasuk pernikahan.


"Izin kermaian tidak ada lagi hingga banyak pernikahan yang tertunda selama masa pandemi ini," jelasnya.


Namun kata Hasnawati, pelayan di bidang kesehatan masyarakat tetap berjalan seperti biasanya, khususnya di Posyandu dan Puskesmas.

 

"Tidak ada program pelayanan yang tidak jalan, hanya yang berubah, jika biasanya tempat pelayannnya kita di posyandu. Kita sekarang lalukan kunjungan rumah, atau mereka yang datang langsung ke Puskesmas," pungkasnya.


Penulis: Fahrul/A

 

Flower

 

loading...