Skip to main content

Orang Dekat SBY 'Gusur' Nomor Urut Incumbent di Dapil Sulsel

IST
Dua Incumbent DPR RI Demokrat asal Dapil Sulsel, Bahrum Daido (kiri) dan Nasyit Umar (kanan). (KABAR.NEWS/Irfan Ma'ruf)

 

KABAR.NEWS, Jakarta - Dua incumbent DPR RI asal partai Demokrat gagal mendapatkan nomor urut 1 di dua Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di Sulawesi Selatan (Sulsel). Dua incumbent tersebut yakni, Nasyit Umar di Dapil Sulsel II dan Bahrum Daido di Dapil Sulsel III. Nasyit Umar hanya memperoleh nomor urut 2 di belakang elite DPP yang juga Wakil Ketua Komisi Pemenangan Pemilu (KPP) Demokrat, Andi Nurpati di nomor 1. Nasyit juga dibayangi oleh Waketum DPP Demokrat, Djafar Hafsah yang meraih nomor urut 3.  

Senasib dengan Nasyit, Incumbent Demokrat di Dapil Sulsel III, Bahrum Daido juga mendapat nomor urut 2. Adalah Wasekjen DPP Demokrat, Andi Timo Pangerang yang memimpin di nomor urut 1. Selain itu, juga ada nama mantan Bupati Toraja Utara, Frederick Batti Soreng yang menempel di nomor urut 3. Selain itu, putra Wakil Bupati terpilih Kabupaten Luwu, Syukur Bijak, Muhammad Dhevy Bijak juga bertarung di Dapil III.


BACA JUGA:


Berbeda di Dapil Sulsel II dan III, Incumbent Demokrat di Dapil Sulsel I, Aliyah Mustika Ilham tetap nyaman di nomor urut 1. Aliyah bakal bersaing dengan Senator DPD RI Bahar Ngitung di nomor urut 2. Sementara nomor urut 3 menempatkan Capt Akbar Yogerasi sebagai kompetitor baru di Dapil tersebut. 

Legislator Incumbent Demokrat DPR RI, Bahrum Daido yang dikonfirmasi mengaku soal nomor urut bukan penentu keterpilihan bacaleg. Hanya saja, secara pribadi dirinya beranggapan faktor kedekatan figur dengan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi 'pemulus' meraih nomor urut pertama. Sebab lanjut dia, jika berdasarkan kontribusi dan kapasitas, mestinya incumbent yang sepantasnya mendapat nomor urut 1.

"Artinya kalau kita lihat kontribusi, kita lihat kekuatan, kita lihat kapasitasnya seharusnya incumbent. Nomor satu bukan berarti dia kuat, bukan berarti dia jago, bukan berarti dia pengurus DPP, kita juga pengurus DPP, tinggal pendekatan mungkin. Mungkin pendekatan sama ketua bagus, dan incumbent mungkin yang tidak dekat sama ketua. Mungkin seperti itu," kata Bahrum Daido kepada KABAR.NEWS saat dihubungi, Jumat (20/7/2018). 

Meski memperoleh nomor urut 2, Bahrum Daido mengaku tak mempersoalkan. Sebab kata dia, hasil akhir yang akan menentukan siapa peraih suara terbanyak nantinya.

"Tidak terganggu, nomor 7 juga tidak apa-apa. nomor 7 dikasih alhamdulillah, yang menentukan kan suara terbanyak. Jadi bukan nomor yang menentukan, nomor itu sebagai simbol. Yang penting hasil akhir dapat suara terbanyak. Kalu masalah nomor mungkin karena dia panitia, punya kedekatan sama pimpinan, yah banyak faktor kalau masalah nomor," ujarnya. 

Menurut Bahrum, secara pribadi dirinya menargetkan dua kursi untuk perolehan Demokrat di Dapil Sulsel 3. Sebab, nama Frederick Batti Soreng sebagai mantan bupati dianggap juga bisa meraup banyak suara.

"Dia sudah dikenal konstituen, Andi Timo juga sudah dikenal, suaranya yang lalu juga cukup banyak juga. Nupri juga DPRD Provinsi dua periode cukup banyak juga. Anaknya Syukur bijak, tinggal kesiapan masing-masing saja," katanya.

"Demokrat target saya dua kursi, termasuk dalamnya saya satu DPR pusat, namanya target itu melihat kondisi yang ada," lanjut Bahrum.

Berikut Daftar Bacaleg Demokrat untuk 3 Dapil di Sulsel:

Dapil Sulsel I DPR RI (Demokrat): Makassar, Gowa, Jeneponto, Takalar, Selayar

Ketersedian Kursi: 8


1. Aliyah Mustika Ilham (Incumbent DPR RI)
2. Bahar Ngitung (Anggota DPD RI)
3. Capt Akbar Yogerasi
4. Jamaluddin Rustam
5. Abd. Latief Nojeng
6. Hj. Linda Sjamsoeddin
7. Sugianto Pettanegara
8. Novia Dhamayanti

Dapil Sulsel II: Pangkep, Bulukumba, Barru, Sinjai, Soppeng, Maros, Wajo, Parepare, Bone

Ketersediaan Kursi: 9 

1. Andi Nurpati (Wakil Ketua KPP)
2. Muhammad Nasyid Umar (Incumbent DPR RI)
3. Muh Djafar Hafsah (Waketum DPP PD)
4. Hj. Hartiny Fanny
5. A.M Irwan Pattawari
6. Satriya Majid
7. Praida Hansyah 
8. H. Irfan Saputra
9. H Rustan


Dapil Sulsel III: Tana Toraja, Sidrap, Pinrang, Luwu, Luwu Utara, Enrekang, Palopo, Toraja Utara 

Ketersedian Kursi: 7

1. Andi Timo Pangerang (Wasekjen DPP PD)
2. Bahrum Daido (Incumbent DPR RI)
3. Frederick Batti Soreng (Eks Bupati Torut)
4. Nupri Basri
5. Michiko
6. Sri Handayani
7. Muhammad Dhevy Bijak