Skip to main content

Oknum Brimob Diduga Jadi Penadah Motor Curian, Ini Penjelasan Polda Sulsel

Oknum Brimob Diduga Jadi Penadah Motor Curian, Ini Penjelasan Polda Sulsel
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. (Lodi Aprianto/Kabar.News)

KABAR.NEWS, Makassar - Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel menyikapi serius adanya tudingan oknum Brimob menjadi penadah motor hasil curian di Kota Makassar.

Melalui Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih mendalami keterlibatan oknum Brimob yang disebut sebagai penadah motor barang hasil curian tersebut. 

"Kita masih dalami dulu keterlibatannya. Nanti Propam akan cek," tegas Dicky Sondani kepada KABAR.NEWS, Jumat (14/9/2018) siang.

Pengungkapan kasus ini, setelah personel gabungan Polres Pelabuhan meringkus tiga orang pelaku pencurian sepeda motor yang kerap beraksi di Kota Makassar.

Mereka yaitu, Saripudin (39) warga Jalan Tinumbu, Syamsul alias Tuan Muda (35) warga Jalan Barawaja dan Syahril alias Calli (32) warga Jalan Barawaja Kota Makassar.

Ketiga tersangka ini mengaku menjual motor hasil curiannya tersebut ke salah satu oknum Brimob yang kerap di sapa Abang.

Menanggapi hal itu, Dicky Sondani mengaku langsung berkoordinasi dengan Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan Dg Pabali dan mengatakan bahwa oknum anggota tersebut terlibat utang piutang terhadap tersangka dan jaminannya adalah motor yang tidak diketahui bahwa merupakan hasil curian.

"Setelah saya cross cek ke Dansat Brimob, ternyata anggota ini dipinjam uangnya oleh pelaku dan sebagai jaminan sepeda motor. Anggota brimob ini tidak tau kalau motor yang dititipkan adalah motor ilegal," dalihnya.

Dicky menegaskan bahwa anggota ini tidak mengetahui kalau rekannya tersebut merupakan pelaku kejahatan sepeda motor di Kota Makassar. Akan tetapi, demi mencari tahu kebenaran sebenarnya, oknum anggota tersebut tetap akan dilakukan pemeriksaan oleh Propam.

"Anggota ini tidak tau kalau temannya pelaku curanmor. Anggota ini tetap akan diperiksa juga oleh Propam Brimob," pungkasnya.

Sementara itu, ketiga tersangka pelaku pencurian sepeda yang kerap meresahkan warga Kota Makassar ini telah diamankan di Mapolsek Wajo untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut.

 

  • Lodi Aprianto