Skip to main content

Modus Palsukan Situs BRI, Dua Penipu Diringkus Polda Sulsel

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani bersama Dirkrimsus Polda Sulsel, Kombes Pol Yudiawan Wibisono saat konferensi pers di Mapolda Sulsel, Jumat (11/1/2019).

KABAR.NEWS, Makassar - Unit Cybercrime Ditreskrimsus Polda Sulsel, kembali berhasil mengungkap dan meringkus dua pelaku tindak pidana penipuan dengan modus pinjaman online menggunakan Website Fishing BRI di Sulawesi Selatan.


Kedua pelaku yang berhasil diamankan masing-masing, SK (30) warga, dan SDA warga Sidrap.


Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari adanya laporan dari pihak BRI bahwa telah terjadi penipuan online dengan menggunakan website BRI palsu. Adanya laporan tersebut, polisi langsung melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus kedua pelaku di rumah masing-masing.


"Kedua pelaku ini masing-masing bekerja sebagai wiraswasta," ucap Dicky Sondani, dalam konferensi pers di lobby Mapolda Sulsel, Jumat (11/1/2019).


Dicky menyebutkan bahwa berdasarkan pengumpulan data yang dilakukan oleh BRI pusat, ada sekitar 115 nasabah dari seluruh Indonesia yang menjadi korban dalam aksi penipuan tersebut, dengan total kerugian materi mencapai Rp 1.466.584.457,-.


"Mereka ini membuat website palsu yang menyerupai website milik BRI dan kemudian melakukan penipuan dengan modus pinjaman online kepada masyarakat," jelasnya.


Hingga saat ini, telah diamankan di Mapolda Sulsel untuk dilakukan pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut.

  • Lodi Aprianto

 

loading...