Skip to main content

Mobil Tanpa Pengemudi Diprediksi Semakin Memacetkan Lalu Lintas Perkotaan

Mobil Tanpa Pengemudi Diprediksi Semakin Memacetkan Lalu Lintas Perkotaan
Bahkan beberapa kendaraan terlihat memutar balik atau melawan arah untuk menghindari macet di Tol Reformasi Makassar beberapa waktu lalu. (KABAR.NEWS/ Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS - Mobil tanpa pengemudi bisa semakin menyebabkan  kemacetan lalu lintas kota menjadi jauh lebih buruk. Prediksi itu diperkirakan bakal terjadi ketika mobil-mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa awak akan menyerbu kota.


Baca juga: Valeo Voyage XR, Mobil Masa Depan dengan Teknologi Teletransportasi

Mobil tanpa pengemudi akan menggerogoti jalan kota karena biaya jelajahnya jauh lebih murah daripada biaya parkir atau tarif masuk jalan tol.


Asosiasi Professor studi lingkungan di Universitas California, Adam Millard-Ball dalam penelitiannya berjudul The Autonomous Vehicle Parking Problem menjelaskan rendahnya kecepatan mobil tanpa pengemudi semakin berpotensi memperburuk kondisi lalu lintas.


"Mobil tanpa pengemudi akan memiliki setiap insentif untuk menciptakan kekacauan," tulis Adam Millard-Ball, dikutip dari laman MIT Technology Review, Senin (4/2/2019).


Millard-Ball menguji hipotesanya dengan menggunakan kombinasi teori permainan dan model simulasi lalu lintas untuk memperkirakan seberapa rentan mobil tanpa pengemudi memperlambat situasi lalu lintas. Penelitian Millard-Ball dipublikasi di Jurnal Science Direct.


Hasilnya, Ia memperkirakan bahwa dari simulasi terbaik, hanya dengan 2.000 mobil tanpa pengemudi di jalan-jalan Kota San Francisco, maka akan memperlambat lalu lintas keseluruhan hingga kurang dari dua mil per jam.


Baca juga: Diklaim Pertama di Dunia, Rio Tinto Kembangkan Kereta Api Tanpa Awak

Solusinya? Dia menyarankan agar pemerintah mengenakan biaya kemacetan seperti di London, Singapura, dan Stockholm, di mana pengendara membayar biaya tetap untuk memasuki pusat kota.

 

"Dan kita harus menerapkannya sekarang, sebelum kendaraan otonom datang," tandas Millard-Ball.

 

loading...