Skip to main content

Misil Militer Taiwan yang Paling Rahasia diungkap Google Maps

Misil Militer Taiwan yang Paling Rahasia diungkap Google Maps
Lokasi penyimpanan peralatan militer Taiwan yang dipotret oleh Google Maps. (Asia Wire)

KABAR.NEWS, Taiwan - Peta tiga dimensi dari fitur Google Maps mengungkap keberadaan lokasi persenjataan militer Taiwan, termasuk senjata rudal patriot buatan Amerika Serikat (AS) yang terkubur.


Baca juga: Dipenuhi Sampah, China Tutup Base Camp Pendakian Everest

Temuan google maps ini diungkap ke publik, dengan jelas memperlihatkan semua struktur dan lokasi pertahanan Taiwan. Beberapa pangkalan rudal yang sebelumnya menjadi rahasia di Angkeng, Taipei, juga telah diketahui.


a
Asia Wire/Google Earth

Dilansir dari South China Morning Post, lokasi penyimpanan rahasia peralatan militer Taiwan menurut peta 3D Google Maps, berada di empat kota masing-masing di Taipei, New Taipei, Taoyuan, dan Taichung.


Seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada South China Morning Post bahwa, meminta Google untuk mengaburkan lokasi penyimpanan peralatan tersebut. Selain itu, pihak militer akan bekerja sama untuk memperkuat penyamaran struktur dan fasilitas.


"Sebenarnya, bagian rahasia semuanya ada di dalam struktur yang akan sangat sulit untuk diekspos melalui peta 3D," katanya, dikutip KABAR.NEWS, Sabtu (16/2/2019).


a
Asia Wire/Google Earth

Ini bukan pertama kalinya Taiwan meminta rincian fasilitas militernya dikaburkan oleh Google. Pada tahun 2016, ia meminta raksasa teknologi itu untuk mengaburkan sebagian dari Pulau Taiping, atau Itu Aba, di Laut Cina Selatan, di mana ia membangun benteng militer.


Baca juga: Latihan Militer "Cobra Gold": Minum Darah Ular, Diikuti 4.500 Personel dari 9 Negara

Pada 2012, Taiwan meminta Apple Maps untuk mengaburkan pangkalan di kota utara Hsinchu, rumah bagi radar canggih buatan AS, yang mampu mendeteksi rudal yang diluncurkan sejauh Xinjiang di barat laut Cina.
 

 

loading...