Skip to main content

Meneropong Kisah Mistis di Balik Megahnya Rumah Kosong

rumah kosong
Tampak depan bangunan rumah megah yang menuai cerita-cerita mistis dari warga Jalan Yusuf Bauty, Somba Opu, Kabupaten Gowa. (KABAR.NEWS/Andi Frandy)

KABAR.NEWS, Makassar - Cerita mistik tentang keberadaan makhluk halus di sebuah rumah tak berpenghuni di Jalan M. Yusuf Bauty, Kelurahan Paccinongang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, kerap didendangkan.

Mulai dari penampakan, kerasukan, mimpi, hingga kecelakaan di halaman depan rumah. Semua menjadi bunga-bunga cerita warga setempat. Rumah dua lantai, bercat kuning, dengan pekarangan yang dikepung rerumputan liar itu sudah lama ditinggal kosong.

"Saya pernah ditarik sampai hilang kesadaran," aku Dg Kebo saat ditemui KABAR.NEWS, Minggu (31/7/2017) kemarin, tak jauh dari lokasi rumah tersebut.

Saat itu, kata Dg Kebo, dirinya seakan diperlihatkan sisi kehidupan lain di rumah tersebut. Dimana, sejumlah makhluk dengan berbagai wujud berhamburan di segala sisi rumah. "Mereka seperti berpesta," katanya.

Baca Juga : Kisah Mistis Selimuti Rumah Bekas Pembantaian Keluarga Ahmadi

Wanita paruh baya ini mengatakan, pemilik asli rumah tersebut bernama Amir Majid. Namun beberapa tahun lalu, rumah itu sempat dibeli oleh salah seorang hartawan. Dimana, setelah dibeli, ia menyewa tukang untuk mengecet rumah tersebut.

Baca Juga : Video: Begini Kondisi Rumah Kosong di Jalan Yusuf Bauty

"Pokoknya dipercantik lah. Tapi entah kenapa, pekerjaan dihentikan. Dan orang yang beli itu rumah hanya menempati seminggu. Setelah itu dia tinggalkan. Katanya sih ada sosok perempuan berambut panjang yang dia lihat," tuturnya.

Menanyakan wujud makhluk yang dilihat, Dg Kebo menyebut kuntilanak, pocong, kuda tanpa kepala, nenek tua yang mencari kutu, wanita cantik, dan ular berkepala emas. "Mereka sering menunjukkan wujudnya pada warga yang melintas. Tapi itu tidak menentu," katanya.

Di lokasi, sisi kiri dan kanan rumah cukup berjarak dengan rumah warga. Posisinya tepat berada di sudut tikungan jalan. Di siang hari tampak biasa. Namun jika dipandang malam hari, aura mistik sangat terasa. Oleh masyarakat setempat dijuluki istana hantu.

"Biasa kalau ada warga yang dirasuki, kerap meminta dipotongkan hewan seperti sapi, kambing, dan kerbau. Kalau diobati, iblisnya langsung dipindahkan ke sana (rumah-red). Jadi bisa dibilang, itu rumah tempat penampungan mereka," kata Dg Kebo.

Ia menuturkan, warga yang melintas di depan rumah pukul 23.00 Wita mengaku sering mendengar suara-suara aneh dari salah satu pohon besar yang ada di pekarangan rumah. "Seperti suara angin kencang yang lambat laun berubah menjadi suara perempuan tertawa," katanya.

Menurutnya, sudah banyak kecelakaan yang terjadi di depan rumah. Ada pengendara sepeda motor yang jatuh secara tiba-tiba. Bahkan, hingga tewas. "Saya sering pungut gigi korban jatuh yang berserakan di sekitar lokasi," akunya.

Senada, tetangga Dg Kebo, Eny kepada KABAR.NEWS mengaku pernah jatuh saat melintas di depan rumah tersebut. Ia mengaku seperti ditarik keras ke belakang.

"Saat terjatuh, saya seperti mendengar suara wanita yang tertawa melengking. Dan melihat sesosok wanita mengayunkan tangan seakan memanggil saya masuk ke dalam rumah. Setelah kejadian itu saya langsung jatuh sakit," akunya.

Hal yang sama juga pernah dialami Ian. Pemuda yang kerap mangkal di rumah Dg Kebo mengaku pernah melihat sosok perempaun dari dalam rumah. Bahkan, terbawa ke dalam mimpi.

"Ini berbeda dari mimpi sebelumnya. Saya seperti melihat nyata. Wanita yang saya lihat dalam mimpi itu digantung, disiksa lalu dibunuh di salah satu ruang kamar di dalam rumah. Dia menjerit kesakitan," kata Ian.

Kini segelintir cerita mistis dari rumah megah itu sudah menjadi buah bibir bagi warga setempat. Tak banyak orang yang masuk menjelajahi seisi rumah tersebut.

Bagi anda yang ingin membuktikan rangkaian cerita itu, tak ada salahnya untuk coba. Dan, Dg Kebo siap memandu. "Saya siap temani ki masuk. Pernah juga saya temani wartawan tv masuk. Tapi jangan ki lari," tutup Dg Kebo.

  • Andi Frandy