Skip to main content

Memory "Daeng Kulle" di PSM: Kepala Miring Hingga Gol Salto ke Gawang Persija

Steven Paulle, dari Si "Tembok Besar China" Hingga Kepala Miring
Steven Paulle melambaikan tangan kepada suporter PSM Makassar beberapa waktu lalu. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)


KABAR.NEWS, Makassar - Steven Paulle pamit dari semua pendukung PSM Makassar melalui akun instagramnya, Kamis (13/12/2018). Ia dipastikan tak lagi memperkuat Juku Eja di musim 2019. 




Didatangkan dari Dijon FC, Prancis, pada tahun 2017, Paulle menjadi idola di hati suporter PSM. Pribadinya yang cenderung pendiam di luar lapangan dan "kokoh" sebagai bek tengah di lapangan, membuat Ia menjadi salah satu pemain dari benua Eropa yang sukses di Juku Eja.


Steven Paulle


Saat pertama kali mendarat di Stadion Andi Mattalatta, pemain kelahiran Cannes, 10 Februari 1986 itu digadang-gadang menjadi "Tembok Besar China" bersama Zulkifli Syukur dan Hamka Hamzah.


Foto stevenxxv
Steven Paulle. (Twitter/stevenxxv)


Hingga akhirnya Ia menjadi idola dan diberi nama bugis oleh suporter PSM yakni "Daeng Kulle", yang artinya "Bisa". Merasa nyaman dengan sapaan itu, Paulle pun merubah nama akun twitternya menjadi Daeng Kulle.




Sosok Steven Paulle memang identik bagi supporter PSM. Salah satunya adalah ketika Ia memiringkan kepala ke arah kanan saat berpose serta melipat kedua tangan ke badan.



Ia pun membuat lomba foto "steven paulle challenge" kepada netizen di Instagram dengan meniru gaya berfotonya "kepala miring" ke kanan pada awal Oktober 2018. 



Salah satu yang juga sulit dilupakan pendukung PSM adalah gol akrobatik pemain bernomor punggung 86 itu ke gawang Persija Jakarta di Stadion Sultan Agung, Yogyakarta,  6 Juli 2018. Gol Paulle sekaligus menyamakan skor menjadi 2-2.



Bukan hanya itu, pada Liga 1 musim 2017, Steven Paulle membawa PSM menang atas Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring, Palembang. Golnya pada menit 74  mengantar Juku Eja mempermalukan Sriwijaya dengan skor 3-4.


Dua tahun berlalu, Steven Paulle memutuskan hengkang. Menurutnya, PSM adalah rumah keduanya bersama keluarga.


"2 tahun yang luar biasa. Hanya memory yang indah yang melekat dipikirkan ku dan banyak teman yang sudah menjadi bagian dari hidupku," tulis Steven Paulle pada unggahan akun instagramnya, Kamis (13/12/2018).


a


Rumor menyertai kepergian Steven Paulle, Bali United dikabarkan menjadi salah satu klub Liga Indonesia yang menginginkan jasa pemain bernama lengkap Steven Renaud Anthony Paulle itu.




Menurut Transfermarkt, nilai transfer Steven Paulle dibanderol dengan angka 275 ribu euro atau diperkirakan setara  4,5 miliar rupiah.