Skip to main content

Kunci PSIS Tekuk PSM: Putar Video Berulang Untuk Matikan "Si Jangkung"

Kunci PSIS Tekuk PSM: Putar Video Berulang untuk Redam "Si Jangkung"
Pelatih PSIS Semarang Bambang Nurdiansyah (kanan) saat konferensi pers usai melawan PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu (11/9/2019). (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Makassar - PSIS Semarang mengalahkan PSM Makassar 1-0 pada pertandingan pekan ke-18 Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta, Rabu (11/9/2019). Pelatih tim berjuluk Mahesa Jenar yakni Bambang Nurdiansyah, membeberkan strategi menekuk Juku Eja.


Bambang mengungkapkan, bahwa keberhasilan PSIS memutus rekor tak terkalahkan PSM di kandangnya berkat para pemain yang mampu menjalankan strategi yang dia instruksikan. Terutama fokus dan disiplin dalam permainan.


Baca juga: Hasil Liga 1: Rekor Kandang PSM Dihentikan PSIS

"Kita tahu tim ini (PSM) adalah papan atas kuncinya adalah disiplin, fokus itu saja dalam menghadapi PSM," ujar pelatih yang karib disapa Banur itu, di Stadion Mattalatta usai pertandingan.


Suksesor Jafri Sastra itu lantas memuji diri, karena dalam sejak dua pekan memimpin Wallace Costa dan kawan - kawan, ia mampu mempersembahkan hasil imbang melawan Arema FC dan mencuri tiga poin dari PSM.


Banur melanjutkan, dirinya telah mempelajari strategi permainan Pasukan Ramang melalui video pertandingan saat berhasil mengalahkan Persela Lamongan.


Dari pengamatan video berulang-ulang, pelatih berusia 58 tahun tersebut menyimpulkan bahwa kunci untuk meredam agresifitas PSM adalah dengan mematikan "Si Jangkung" Wiljan Pluim.


"Kemarin saat PSM melawan Persela, saya amati videonya berulang-ulang, kemudian saya bilang ke dia (Fingky Pasamba) agar matikan pergerakan si jangkung itu (Wiljan Pluim) karena dia otak di balik permainan PSM," beber Banur.


Baca juga: Ilham Mattalatta Geram, Minta Pemasangan Papan Bicara Stadion Mattoanging Ditunda

Alhasil, Finky berhasil membuat Pluim tak mampu berbuat banyak untuk membantu timnya menciptakan gol. Fingky bahkan nyaris membuat Kapten PSM itu ditandu keluar lapangan akibat tackel keras dan berbuah kartu kuning.


Kemenangan 1-0 atas PSM membawa PSIS naik ke peringkat 11 klasemen sementara Liga 1 hingga pekan ke-18 dengan torehan 11 poin dari 17 pertandingan.


  • Ilwan Tirta/CP/B

 

loading...