Skip to main content

KPU-Bawaslu Lutra Keliru Soal Status ASN Suaib Mansur

KPU-Bawaslu Lutra Keliru Soal Status ASN Suaib Mansur
Pasangan bakal calon Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani - Suaib Mansur saat mendaftar ke kantor KPU Lutra. (KABAR.NEWS/Arya)

KABAR.NEWS, Masamba - Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu (KPU-Bawaslu) dinilai salah kaprah mengenai status bakal calon wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, yang dianggap masih berstatus pegawai negeri sipil.


Penilaian itu datang dari Master Campaign Pasangan Bakal Calon Bupati Lutra, Indah Putri Indriani dan Suaib Mansur, yakni Irawan Thamsi. Menurutnya, Suaib telah mundur secara tertulis sebagai ASN maupun Kepala Dinas PUPR Lutra. 


"Statement dari KPU dan Bawaslu Lutra yang menilai status Suaib Mansur masih ASN aktif adalah hal yang keliru dan menyudutkan. Untuk itu kami lakukan klarifikasi langsung terkait hal itu," kata Irawan Thamsi dalam keterangan tertulis yang diterima KABAR.NEWS, Rabu (16/9/2020).


Baca juga: Cerita Warga Lutra: Indah Tak Pernah Jelekkan Kandidat Lain

 

Sebelumnya, Komisioner KPU Lutra Hayu Vandy menyebut Suaib Mansur masih berstatus ASN aktif dan juga Kepala Dinas PUPR Lutra.

 

Irawan menilai statement KPU tersebut tidak elok. Eks Sekretaris NasDem ini meminta pihak BKD dan penyelenggara Pemilu bisa lebih mengedepankan nilai edukasi dan bisa menyejukkan saat berstatent di media. 


Hal itu menurutnya penting, agar tahapan Pilkada Lutra dapat berlangsung, aman, damai dan berkualitas, dengan tidak menyudutkan salah satu peserta. 

 

Dia menegaskan seluruh dokumen dan berkas pencalonan Indah-Suaib telah diserahkan sesuai yang syaratkan dari KPU.


"Termasuk surat pengunduran diri sebagai ASN telah diterima KPU untuk diproses verifikasi lebih lanjut," kata Irawan.


Baca juga: Fakta-fakta Pilkada Serentak 12 Kabupaten Kota di Sulsel

Bahkan, lanjut Irawan, selaku bakal calon wakil bupati, Suaib Mansur juga telah mengikuti proses tahapan pendaftaran dan tahapan tes kesehatan sesuai jadwal yang ditetapkan KPU.


"Jadi status Suaib Mansur saat ini adalah bakal calon wakil bupati Luwu Utara 2020," tegas Irawan Thamsi.

 

Flower

 

loading...