Skip to main content

Kisah Bayi Hadijah, Minum Kopi Pengganti Susu Sejak Usia 6 Bulan

Kisah Hadijah, Minum Kopi Pengganti Susu Sejak Usia 6 Bulan
Hadijah Haura berbaring sembari meminum kopi di dalam dot. (Detik)

KABAR.NEWS, Polewali Mandar - Hadijah Haura, seorang bayi berusia 14 bulan di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), harus mengonsumsi kopi sebagai pengganti susu sejak berusia 6 bulan.

 

Bayi itu terpaksa mengonsumsi kopi sebanyak lima gelas setiap harinya, lantaran orang tuanya mengaku tak mampu membeli susu formula yang biasa dikonsumsi bayi pada umumnya.


Baca juga: Pasca Setengah Abad Menikah, Perempuan 74 Tahun Ini Lahirkan Bayi Pertama

"Ya mau diapalagi, pendapatannya tidak cukup untuk membeli susu. Terpaksa setiap hari hanya diberi dot berisi kopi," ujar ibu dari Hadijah Naura, Anita, di kediamannya Desa Tonro Lima, Kecamatan Matakali, Polman, dikutip dari Kompas, Senin (16/9/2019).


Anita mengaku, pendapatan Rp20 ribu sebagai buruh kupas kopra bersama suaminya, hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dapur kecil keluarganya. Apalagi keperluan membeli susu untuk Hadijah.


Meski mengonsumsi kopi sebagai pengganti susu, pertumbuhan fisik bayi Hadijah disebut seperti anak-anak normal lainnya. Bahkan bayi tersebut tergolong anak super aktif.

 

Di usianya yang baru menginjak 14 bulan, Hadijah sudah bisa berjalan sendiri, hingga aktif bermain bersama teman-teman sebayanya. Uniknya lagi, bayi tersebut tak bisa tidur sebelum meminum kopi.


"Bahkan ia tak bisa tidur kalau tidak minum kopi. Biasa merengek minta kopi sebelum tidur," beber Anita.


Baca juga: Hasil Olah TKP, Penculikan Bayi Anggota Brimob Bone Ternyata Direkayasa

Orang tua cukup was-was dengan perkembangan Hadijah yang terus menerus mengonsumsi kopi. Meski demikian, Anita mengatakan, tidak punya banyak pilihan karena alasan pendapatan rumah tangga.

 

Pihak Dinas Kesehatan Polman dikabarkan telah mengunjungi Bayi Hadijah dan memberi bantuan berupa biskuit dan susu.

 

loading...