Skip to main content

Khatib Iduladha, Menko PMK: Banjir Lutra Ujian Luar Biasa Sulsel

Pimpin Doa, Menko PMK: Banjir Lutra Ujian Luar Biasa Sulsel
Menko PMK Muhajir Effendi menyerahkan simbolis hewan kurban dari Presiden Joko Widodo kepada Bupati Kabupaten Luwu Utara Indah Putri Indriani di Masamba, Jumat (31/7/2020). (IST/HMS)

KABAR.NEWS, Masamba - Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendi, berkesempatan menjadi katib Salat Iduladha di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Jumat (31/7/2020).


Pelaksanaan Salat Iduladha digelar di halaman Kantor Bupati Lutra. Dalam khutbahnya, Menko Muhajir memimpin doa untuk para korban banjir bandang Lutra. Menurut dia, banjir yang terjadi pada 13 Juli 2020 merupakan ujian Tuhan.


Baca juga: Malam Idul Adha, Pengungsi Banjir Lutra Mulai Masuk Shelter

"Tahun ini dunia sedang diuji oleh Allah Swt dengan mewabahnya pandemi Covid-19, dan di saat kita merayakan iduladha, kita juga di Luwu Utara kembali diuji oleh Allah Swt dengan bencana banjir bandang yang menimpa beberapa wilayah di Luwu Utara. Ini ujian yang luar biasa bagi Sulsel, khususnya Luwu Utara,” tutur Muhajir Effendi dalam keterangan tertulis yang diterima KABAR.NEWS.


Muhajir lalu berhenti sejenak, kemudian mengajak jemaah yang kebanyakan para pengungsi, untuk berdoa agar para korban yang wafat mendapat tempat yang mulia di sisi Allah Swt.


"Mari kita panjatkan doa, semoga saudara-saudara kita yang telah mendahului kita, mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah Swt. Al Fatihah,” ujar dia memimpin doa.


Muhajir kemudian menyebutkan bahwa seseorang yang meninggal akibat terkena wabah dan bencana akan mendapatkan kedudukan tertinggi di hadapan Allah Swt.


"Sebagaimana yang telah dijanjikan Allah Swt bahwa seseorang yang meninggal karena terkena wabah atau mati karena bencana, insya Allah akan mati syahid,” jelas Menko Muhajir.


Selain diikuti pengungsi, salat Iduladha Pemda Lutra juga dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Lutra Indah Putri Indriani, Anggota DPR-RI Muhammad Fauzi, Sekretaris Utama BNPB Pusat, Staf Ahli Kementerian Sosial, Ketua dan Anggota DPRD Lutra, unsur Forkopimda, serta jajaran pemerintah daerah.


Usai pelaksanaan Salat Iduladha, Menko PMK Muhajir Effendi menyerahkan 1 ekor sapi sebagai kurban dari Presiden Joko Widodo kepada Indah Putri Indriani.


Baca juga: Walhi: Ada "Pengusaha Hitam" Babat Hutan Lutra Hingga Sebabkan Banjir

Menko PMK sendiri juga menyerahkan satu ekor hewan kurban, Kepala BNPB Doni Monardo juga menyerahkan satu ekor hewan kurban, dan Sekretaris Utama BNPB juga satu ekor sapi.


Hewan kurban lainnya juga datang dari Karo Umum BNPB Andi Eviana 1 ekor, Kepala Staf TNI-AD (21), Kementerian PUPR (6), Kementerian Sosial (1), Wagub Sulsel (1), Bupati Bone (1), Dinsos Lutra (1), DKP (3), Taruna Merah Putih (5), PDIP (3), Bank Sulselbar (2), Malangke (112), Mappedeceng (77), Baebunta Selatan (44) dan Dompet Dhuafa Peduli (28). Total hewan kurban sapi 311 ekor. Sementara hewan kurban kambing 28 ekor.

 

Flower

 

loading...