Skip to main content

Kesulitan Air Bersih, Warga Tabo-tabo Curhat ke Paslon Anir-Lutfi

Anir-Lutfi
Warga dan TIm Pemenangan Paslon Anir-Lutfi (nomor 4) foto bersama di sela-sela tatap muka.(ist)

KABAR.NEWS, PANGKEP - Warga Desa Tabo-tabo, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, mengeluhkan kesulitan air bersih. Padahal daerah Tabo-tabo terkenal dengan bendungannya. Namun justru warga di sekitar bendungan tidak merasakan manfaat dari bendungan tersebut.


Bendungan itu hanya dapat mengairi beberapa tempat yang terletak lebih rendah. Seperti Salebbo, Taraweang dan Labakkang."Selama ini kita di Desa Tabo-tabo tidak pernah dapat air dari Bendungan Tabo-tabo karena di sini memang tinggi. Jadi tidak bisa naik airnya. Namanya memang Bendungan Tabo-tabo tapi warga di sini tidak dapat airnya," kata warga Desa Tabo-tabo, Syarif, di sela-sela tatap muka dengan tim kampanye paslon nomor urut 4, Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi), Minggu (18/10/2020).


Kesulitan air bersih sangat dirasakan warga pada musim kemarau. Warga sekitar yang tidak memiliki sumber air bersih, terpaksa membeli air galon untuk kebutuhan sehari-hari."Biasa mandi pakai air galon. Satu galon dibeli Rp5 ribu. Jadi itu dipakai. Dibeli sesuai kebutuhan minum sama mandi. Mulaimi itu dari bulan tiga sampai Oktober itu yang susah," ungkap Syarif.


Namun, lanjut dia, beberapa waktu lalu warga desa mendapatkan sumber air baru yang berada Cangkoleng Bacuaping."Sekitar seminggu lalu baru didapat sumber air di sana, kira-kira 5 km dari sini. Itu maunya dibuatkan penampungan di atasnya, biar dari ketinggian langsung mengalir ke sini karena memang sumber airnya agak ke bawah. Mudah-mudahan paslon nomor urut 4 (Anir-Lutfi) bisa wujudkan itu untuk warga di sini. Apalagi saya lihat program prioritasnya sangat merakyat sekali," harapnya.


Menanggapi hal itu, Ketua Tim Pemenangan Anir-Lutfi, Syahruddin mengaky bakal menyampaikan keluhan dan harapan masyarakat tersebut kepada paslon Anir-Lutfi.


"Mengingat informasi dari warga bahwa telah menemukan sumber air itu nanti Anir-Lutfi bakal diprospek menjadi sumber utama air ke Desa Tabo-tabo. Lebih dari itu, tentu harus ki dukung Ibu Anir dan Pak Lutfi duduk terlebih dahulu agar semua kepentingan warga di sini terakomodir sesuai dengan program prioritas paslon nomor urut 4," jelas Syahruddin di hadapan warga.


Syahruddin yang juga Anggota DPRD Komisi II dan Anggota Banggar Pangkep ini mengungkapkan, hal itu akan mudah diwujudkan jika Anir-Lutfi duduk menjadi kepala daerah.


"Saya sekarang di DPRD Pangkep, juga anggota Banggar jadi saya pikir urusannya akan mudah apalagi sama-sama ka di Gerindra," ungkap Syahar sapaannya.


Andi Nirawati dan Lutfi Hanafi memang punya program pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Diantaranya menjamin suplai air bersih untuk rakyat dan pembangunan sanitasi, dan pembangunan instalasi pengolahan air.(*)

 

Flower

 

loading...