Skip to main content

Kenapa Payudara Anda Terasa Sakit Sebelum Haid? Berikut Penjelasannya

Kenapa Payudara Anda Terasa Sakit Sebelum Haid? Berikut Penjelasannya
Ilustrasi nyeri payudara. (INT)


KABAR.NEWS - Perempuan kerap mengeluh sakit pada sekitar payudara saat menjelang menstruasi atau haid. Rasa sakit atau nyeri pada bagian payudara kerap memicu emosi sebagian perempuan sebelum haid.

 

Para dokter tidak sepenuhnya memahamai kondisi biologis ini, tetapi mereka tahu bahwa hormon tertentu terlibat. Fluktuasi hormon sebelum menstruasi dapat menyebabkan nyeri di sekitar payudara atau biasa disebut mastalgia.




Menurut American Academy of Family Physicians (AAFP) dalam artikel dikutip dari laman Medical News Today, Sabtu (15/12/2018), perubahan hormon karena menstruasi adalah penyebab paling umum dari nyeri payudara.


Dalam artikel itu disebutkan, bahwa penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron sebelum suatu periode haid, juga dapat menyebabkan nyeri payudara. 


Perubahan-perubahan hormon ini, juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, yang dapat menyebabkan nyeri payudara.


Mungkin juga ada hubungan antara nyeri payudara dan hormon yang disebut prolaktin. Hormon ini merangsang produksi ASI pada wanita setelah melahirkan. Ia hadir di tubuh wanita, dan itu dapat mempengaruhi payudara bahkan jika seorang wanita belum melahirkan.




Menurut data Menopause Centre Australia, dikutip dari CBHS Health Fund, 70 persen wanita mengalami nyeri payudara sebelum atau saat menstruasi.


Nyeri payudara juga dapat terjadi sekitar waktu ovulasi, yaitu ketika ovarium melepaskan sel telur untuk pemupukan potensial. Biasanya, proses ini berlangsung 12 hingga 14 hari sebelum perempuan mengalami menstruasi.


Ilustrasi

 


Tapi, hormon mungkin bukan satu-satunya penyebab nyeri payudara sebelum suatu periode. Beberapa perempuan melaporkan rasa sakit hanya pada satu payudara. 


Jika hormon adalah satu-satunya penyebab yang mendasari rasa nyeri pada sekitar payudara sebelum haid, maka beberapa dokter percaya bahwa kedua payudara akan merespon dengan cara yang sama.


Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa perubahan lain dalam tubuh dapat menyebabkan nyeri payudara di sekitar waktu menstruasi. Penjelasan lain adalah bahwa sel-sel di setiap payudara merespon secara berbeda terhadap kadar hormon yang berfluktuas


Gejala


Perasaan nyeri payudara mungkin berbeda pada setiap perempuan. Beberapa orang menggambarkan rasa sakit itu begitu terasa, sementara yang lain lebih mungkin mendefinisikannya sebagai rasa sakit atau kelembutan.


Ada pun beberapa gejala nyeri payudara di antaranya, terjadi pada satu atau kedua payudara, nyeri terasa hingga ke ketiak, terkadang merasa tajam, terjadi bersamaan dengan pembengkakan dan terasa lebih kuat di area puting.



Dalam artikel itu juga disebutkan, bahwa ada penyebab lain nyeri payudara sebelum atau saat haid, faktor lain itu termasuk meminum obat-obatan menjelang hari haid.


Selain itu, faktor saluran susu yang tersumbat, infeksi payudara yang dapat berkembang saat menyusui, jaringan payudara fibrocystic sehingga membuat payudara padat dan kental dan mungkin lebih sakit saat menstruasi dan pengaruh riwayat operasi payudara.



Pengobatan

a


Perawatan untuk nyeri payudara sebelum suatu periode tergantung pada penyebab yang mendasari. Perawatan berikut dapat membantu mengobati rasa sakit yang berhubungan dengan menstruasi:


- Penghilang rasa sakit over-the-counter, seperti ibuprofen atau acetaminophen.


- Pil KB untuk mengendalikan fluktuasi hormon. Atau rasa sakit disebabkan infeksi, maka sebaiknya Anda meminta rekomendasi obat dari dokter 


Dalam kasus yang jarang terjadi, dokter mungkin meresepkan obat lain, seperti danazol, yang merupakan hormon pria yang penelitiannya telah terbukti mengurangi nyeri payudara.



Namun, obat ini memiliki efek samping yang signifikan, jadi dokter biasanya tidak merekomendasikan.

 

loading...