Skip to main content

Kebun Warga Terbakar di Bulupoddo Sinjai, Ini Sebabnya

kebakaran kebun
Kondisi kebun warga di Bulupoddo Sinjai yang terbakar / Ist

KABAR.NEWS, Sinjai - Telah terjadi kebakaran di kebun atau lahan milik warga di Dusun Satengah, Desa Bulu Tellue, Kecamatan Bulupoddo, Minggu (20/10/2019) malam.

 

Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sinjai Agung Budi Prayogo dikonfirmasi KABAR.NEWS, Senin (21/10/2019) pagi membenarkan peristiwa tersebut. "Personel langsung bergerak cepat ke lokasi saat mendapatkan informasi sehingga api cepat teratasi," singkatnya.

 

Agung menyebutkan bahwa diduga penyebab kebakaran lahan itu karena warga menyalakan api di sekitar lokasi kejadian.

 

“Penyebab kebakaran diduga berasal dari percikan api sisa pembakaran di kebun milik A Adhi (28) yang membersihkan kebunnya di sekitar TKP dengan membakar sampah," ungkapnya.

 

Lanjut Agung menjelaskan, bahwa api pertama kali di lihat oleh H Sainuddin (45) pada saat jalan ke kebunnya. Saat itu ia melihat kobaran api sehingga bergegas meminta bantuan kepada warga sekitar. 

 

Sigap, warga bekerja sama berusaha memadamkan api dengan cara memukul menggunakan pelapah kelapa. "Namun api kembali merembes akibat sisa arang yang tertiup angin," katanya.

 

Beruntung, petugas Damkar Kabupaten Sinjai cepat tiba di lokasi sehingga api berhasil dipadamkan secepatnya.

 

"Sekitar pukul 21.30 Wita api berhasil di padamkan setelah 1 unit mobil damkar tiba di lokasi. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang dialami warga ditaksir jutaan rupiah,” sebutnya. 

 

Sekedar diketahui, adapun kebun milik warga yang terbakar masing-masing H Sainuddin, Mappahakkang, dan Tahe, yang berisi tanaman berupa pisang, rumput gajah, pohon cengkeh, dengan jumlah keseluruhan di perkirakan seluas 2 hektar area.

 

(Syarif/A)

 

 

 

loading...