Skip to main content

Karena Jilbab dan 4 Fakta Didiskualifikasinya Miftahul Jannah dari Asian Para Games

a
Atlet asian para games Indonesia di cabang olahraga judo, Miftahul Jannah didiskualifikasi karena menggunakan jilbab. (INT)

KABAR.NEWS, Jakarta - Atlet putri cabang olahraga Judo Indonesia, Miftahul Jannah, didiskualifikasi dari arena Asian Para Games 2018, Senin (8/10/2018) karena melanggar aturan pertandingan judo sebab memakai jilbab. 

Ada 4 (empat) fakta menarik dari didiskualifikasinya atlet asal Aceh itu dari Asian Para Games  2018. Pertama, Miftah sapaan karib Miftahul Jannah, dicoret sesaat sebelum pertandingan digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.


Baca juga:
NH: Edy Harus Memilih, Jadi Ketum PSSI Atau Gubernur Sumut
Soal Ketum PSSI, Moeldoko Dinilai Layak Gantikan Edy
Asian Para Games 2018: Mella Windasari Sumbang Emas Cabor Lawn Bowls

Kedua pelatih dan ofisial Judo Indonesia, tidak memberitahukan kepada Miftah bahwa aturan Asian Para Games atlet judo dilarang menggunakan jilbab saat bertanding.

Wakil Ketua KONI Aceh Barat Daya (Abdya) Alamsyah, membenarkan bahwa ofisial judo Indonesia tak memberitahukan aturan itu kepada Miftah. Padahal aturan tersebut telah disampaikan dalam technical meeting.

“Tidak menjelaskan apa-apa, dan itu hasil technical meeting dipaparkan bahwa judo tidak dibenarkan mengenakan hijab. Hasil technical meeting yang diikuti oleh tim ofisial Indonesia, memberitahukannya kemarin sore," kata Alamsyah, dikutip dari kumparan.

Fakta ketiga adalah, Miftah ternyata menghabiskan waktu selama kurang-lebih 10 bulan mengikuti pemusatan latihan dan pelatnas Asian Para Games 2018 dan akhirnya justru didiskualifikasi.

Fakta keempat adalah Miftah memutuskan berhenti atau pensiun dari cabang olahraga judo setelah didiskualifikasi karena memakai jilbab. Kata Alamsyah, Miftah sudah menerima atas keputusan juri meski dia tetap merasa sedih. 

"Miftah menerima atas keputusan juri meski dia tetap merasa sedih. Cuma dia menyampaikan ini yang terakhir kalinya ia ikut judo," tutup Alamsyah.