Skip to main content

Kanker Payudara Semakin Meningkat, Ini Gejalanya yang Mesti Diketahui Sejak Dini 

kankerrr
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS – Kanker payudaya kini menjadi momok menakutkan bagi kaum perempuan, tak terkecuali di Indonesia. Menurut data Departemen Kesehatan, pada 2013, kanker payudara menempati urutan kedua setelah kanker serviks sebagai penyakit kanker dengan prevalensi tertinggi di Indonesia.

 

Secara total ada 61.682 pengidap kanker payudara di seluruh Indonesia, dengan estimasi jumlah penderita kanker payudara tertinggi terdapat di Jawa Tengah. 

 

Jika kanker payudara terdeteksi pada stadium dini, kemungkinan untuk sembuh dan pulih kembali sangat tinggi.

 

Inez lewat tulisannya tentang Info Kanker Payudara, mengungkapkan deteksi dini bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan memeriksa sendiri payudara kita secara teratur. 

 

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) ini dilakukan sebulan sekali, paling baik dilakukan pada hari ke-7 sampai hari ke-10 dihitung dari hari pertama haid. Bagi yang sudah mengalami menopause, SADARI dilakukan pada tanggal yang sama setiap bulan, misalnya tanggal 10.

 

SADARI dapat dilakukan saat mandi ketika di depan cermin, dengan memeriksa daerah dekat puting hingga bawah ketiak selama 10 menit. Perhatikan setiap bagian payudara bila ada perubahan atau kelihatan lain dari biasanya.

 

Tindakan untuk memeriksa payudara sendiri ini sangat penting karena pada kenyataannya, hampir 85% benjolan di payudara ditemukan oleh penderita sendiri.

 

Apa saja gejalanya? 

 

Tanda pertama yang umum dialami pada banyak perempuan dengan kanker payudara adalah adanya benjolan atau bagian yang menebal di payudara mereka. Perlu diingat bahwa kebanyakan (90%) dari benjolan pada payudara bukan kanker. Tetapi, bila menemukan benjolan di payudara, selalu cek dengan dokter untuk menentukan apakah pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk memastikan bahwa benjolan tersebut bukan kanker.

 

Dikutip dari CNNIndonesia, jika menemukan satu atau lebih dari tanda/gejala di bawah ini, dianjurkan untuk segera menemui dokter:

 

1. Benjolan/tumor atau ada bagian yang menebal di satu atau kedua payudara.

 

2. Perubahan besar/ukuran dan bentuk dari satu atau kedua payudara.

 

3. Ada cairan keluar dari puting payudara (cairan tersebut bisa bercampur darah).

 

4. Ada benjolan/tumor atau pembengkakan di bawah ketiak.

 

5. Ada bagian kulit payudara yang tertarik ke dalam, atau ada bagian yang bekerut seperti kulit jeruk.

 

6. Terdapat bercak, mengelupas, menyerpih, atau bersisik pada atau sekitar puting susu.

 

7. Puting susu kelihatan berubah, misalnya kelihatan seperti tertarik masuk kedalam payudara.

 

8. Rasa sakit pada payudara atau daerah di bawah ketiak yang tidak ada hubungannya dengan masa haid/menstruasi.